Sosialisasi Sistem Cerdas Solar Dryer Dome Sebagai Optimalisasi Hasil Pertanian, Perkebunan, Dan Perikanan

Authors

  • Eva Hendrawati Universitas Pamulang
  • Ade Sumaedi Universitas Pamulang
  • Amin Widodo Universitas Pamulang

Keywords:

Solar Dryer Dome, pengeringan, sistem cerdas, Internet of Things.

Abstract

Pengeringan merupakan pengolahan pascapanen untuk hasil pertanian, perkebunan, dan perikanan yang tidak bertahan lama dan mudah busuk. Solar Dryer Dome adalah metode pengeringan terjangkau menggunakan sinar matahari yang sesuai untuk negara tropis seperti Indonesia. Metode ini juga efektif sebagai tempat penyimpanan hasil panen tanpa harus khawatir dengan kondisi cuaca, dapat melindungi bahan pangan dari debu, angin, hujan tiba-tiba, lalat atau hewan liar merusak, sehingga menjaga kualitas rasa, warna, serta mempertahankan 80 sampai 95% nutrisi yang terkandung dalam bahan pangan. Teknologi Solar Dryer Dome menggunakan panel surya yang dapat meningkatkan suhu ruang pengering 30% - 40% lebih tinggi dibanding suhu udara luar. Perbedaan jenis bahan pangan akan mempengaruhi lama waktu pengeringan, karena setiap bahan pangan memiliki kadar air yang berbeda. Untuk mengontrol waktu pengeringan, maka dikembangkan Solar Dryer Dome Berbasis Sistem Cerdas dan Internet of Things (IoT). Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan dan mensosialisasikan penggunaan Solar Dryer Dome berbasis Sistem Cerdas dan Internet of Things (IoT) sebagai solusi optimalisasi hasil pertanian, perkebunan, dan perikanan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMK Negeri 3 Kota Serang telah dilakukan dengan metode seminar dan diskusi. Pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan dapat memotivasi siswa-siswi SMK Negeri 3 Kota Serang untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan tehnologi berbasis Sistem Cerdas dan IoT, melalui pengenalan mikrokontroller dan sensor. Target luaran yang ingin dicapai adalah publikasi ilmiah pada jurnal, dan publikasi artikel di media massa.

References

Asiah, Nurul., & Djaeni, Mohamad. 2021. Konsep Dasar Proses Pengeringan Pangan. Malang. AE Publishing.

Dinas Kelautan Perikanan. 2023. Potensi Laut Melimpah, Pemprov Banten Jadi Tambang Investasi Sektor Perikanan dan Industri Olahan. https://dkp.bantenprov.go.id.

Kusmiyati, Abu Salam, Juli Ratnawati. 2021. Pengembangan Solar Dryer Dome untuk Peningkatan Kualitas Produksi Kopi. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 4, Nomor 4, (2021)http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxixpp 25-32

N. Hananda, A. Kamul, C. Harito, E. Djuana, G. N. Elwirehardja, B. Pardamean, F. E. Gunawan, A. S. Budiman, M. Asrol, T. Pasang, 2023. Solar Drying In Indonesia And Its Development: A Review And Implementation. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. doi:10.1088/1755-1315/1169/1/012084. IOP Publishing.

Prasetyo, Ridwan Budi. 2022. Pemanfaatan Teknologi Pengering Matahari untuk Peningkatan Kualitas dan Daya Simpan Teh Rempah di Kapanewon Samigaluh. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat: Hal. 2125-2131 e-ISSN: 2686-2964.

Rizaty, Monavia. 2021. Produksi Perikanan Laut di Banten Capai 6,2 Juta Kg pada 2020. https://databoks.katadata.co.id.

Saidi, Ida Agustini., & Wulandari, Fitria Eka. 2019. Pengeringan Sayuran dan Buah-Buahan. Sidoarjo. Umsida Press.

Setiani, Putri. 2020. Sains Perubahan Iklim. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Siswantoro, Agus Margiwiyatno, Masrukhi. 2003. Rancang Bangun Alat Pengering Energi Surya Untuk Menunjang Agroindustri. Jurnal Pembangunan Pedesaan Vol. III No. 1 April 2003 ISSN : 1411-925.

Widiatmoko, Arifin. 2017. Mesin Pengering Murah Nan Higienis. https://teknik-pengeringan.tp.ugm.ac.id

Published

2023-11-29