OPTIMALISASI KEMAMPUAN PEMASARAN, PENJUALAN DAN CUSTOMER RELATION DI UMKM NONI-GO 561
Abstract
Saat dunia dilanda pandemi COVID-19, tidak terhitung banyaknya UMKM yang merasakan dampak negatif terhadap bisnisnya di karena kan sulitnya pemasaran dan penjualan pada masa Covid-19, banyak usaha kecil dan menengah (UMKM) mengalami penurunan pendapatan atau bahkan gulung tikar. Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, yang menjadi subjek adalah Usaha Kecil Menengah Pecinta Kesucian Jiwa dengan nama brand Noni-Go 561. Program ini dilaksanakan dengan metode presentasi, pengenalan materi dan diskusi bersama dengan tema "Optimalisasi Kemampuan Pemasaran, Penjualan Dan Customer Relation Di UMKM Noni-Go 561" dan membantu pelaku UKM dengan mengenalkan berbagai metode pemasaran dan juga strategi marketing funnel, serta menerapkan teknologi, digitalisasi serta pengaplikasian artificial intelegent dalam pengelolaan pemasaran bisnis.
Kata Kunci: UMKM, Digital Marketing, CRM, Bisnis.