Peningkatan Kualitas Produk Qi Lambung Dengan Perencanaan & Perancangan Produk UMKM Yayasan Miftahul Salamah Indonesia Ciawi Bogor

Authors

  • Anthon Rudy Universitas Pamulang
  • Budi Aprina Universitas Pamulang
  • Edi Supriyadi Universitas Pamulang

Abstract

UMKM adalah salah satu cara yang sangat baik dalam mencegah kemiskinan. UMKM memiliki kontribusi yang besar dalam penyerapan tenaga kerja, Upaya untuk memajukan dan mengembangkan sektor UMKM akan dapat menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja yang ada dan tentu saja akan dapat meningkatkan kesejahteraan para pekerja yang terlibat di dalamnya sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Dan pada akhirnya akan dapat digunakan untuk pengentasan kemiskinan. UMKM sebagai bagian dari perekonomian juga harus lebih meningkatkan daya saing dengan melakukan inovasi. Perancangan dan pengembangan produk adalah semua proses yang berhubungan dengan keradaan produk yang meliputi segala aktivitas mulai dari identifikasi keinginan konsumen sampai pabrikasi, penjualan dan pengiriman dari produk. Perancangan dan pengembangan produk menjadi suatu bagian dari proses inovasi yang ada didalam dunia bisnis. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini diharapkan bahwa produk UMKM Qi Lambung dari Yayasan Miftahul Salamah Indonesia bisa lebih baik lagi kualitasnya dari segi bahan baku, proses serta yang lainnya. Produk ini adalah produk kesehatan dimana dimasa pandemi seperti saat ini banyak dicari oleh pasar. Terlebih material-material yang digunakan adalah herbal atau hasil alam yang bila diproses dengan baik maka akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan menambah kekuatan imun tubuh manusia.

References

Aprina, B. (2019). ANALISA OVERALL RESOURCE EFFECTIVENESS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN OPERATIONAL EXCELLENCE. JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri), 2(1), 1-10.

Andriani, D. P., Adnandy, R., & Maghlidah, S. T. (2019). Peningkatan Kualitas Produk IKM Rotan Melalui Perancangan Produk Unggulan dengan Pendekatan Quality Function Deployment. May.

Dewanti, N., Supriyadi, E., Sofyan, S., Sunarsi, D., Andika, B., & Yani, A. (2021). PENYULUHAN DAN PELATIHAN KETERAMPILAN SABLON PIGMENT PASTA MANUAL DI KARANG TARUNA 03 DESA CISAUK. 1.

Irvan, M. (2011). Fase Pengembangan Konsep Produk Dalam Kegiatan Perancangan dan Pengembangan Produk. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta, 4(3), 261–274. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/55

Jaelani, E. (2012). Perencanaan dan Pengembangan Produk Dengan Quality Function Deployment (Qfd). Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, IV(1). http://jsma.stan-im.ac.id/pdf/vol4/1/5 Perencanaan Dan Pengembangan Produk Dengan Quality Function Deployment - Evan Jaelani.pdf

Rofieq, M. (Universitas M. M., Poerwanto, A. (Universitas M. M., & Budiyanto, H. (Universitas M. M. (2017). Pelatihan Desain Kemasan Produk Umkm. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 1(2), 1–6. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/issue/view/224

Supriyadi, E. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Statistical Proses Control (SPC) di Pt. Surya Toto Indonesia, Tbk. Jitmi, 1(1), 63–73.

Supriyadi, E., Dewanti, R. N., Sofyan, S., & Kurniasih, N. (2020). Penyuluhan Dan Dan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Di Perumahan Griya Serpong Asri Cisauk Kota Tangerang Selatan. 1(September), 1–6.

Supriyadi, E., & Effendi, R. (n.d.). Pengendalian Kualitas Cacat Scrap Blown Ban Tbr 11R22. 1, 22–27.

Wardyanto, A. R. (2019). PERANCANGAN PENINGKATAN OPTIMALISASI PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN FUNCTION ANALISYS SYSTEM TECHNIQUE (FAST) PADA DESAIN PRODUK INDUSTRI KRAN WASTAFEL. JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri), 1(2), 122-130.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.

Downloads

Published

2021-11-17