PEMBINAAN ORGANISASI UMKM CIPONDOH MAKMUR MELALUI PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA BERDAYA SAING

Authors

  • Adi Candra Universitas Pamulang
  • Wakit Ahmad Fahrudin Universitas Pamulang
  • Agus Taufik Universitas Pamulang

Abstract

Dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi juga berperan dalam penyerapan tenaga kerja. Jumlah pelaku UMKM di Kota Tangerang menurut Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah telah mengalami peningkatan jumlah usahanya. Untuk itu dalam upaya menjada kesetabilan dalam usahanya diperlukan pembinaan Sumber Daya Manusia yang handal sehingga dalam mempersiapkan persaingan usaha dapat bersaing dengan produk-produk dari luar negeri. Untuk itu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Program Studi Teknik Industri  Universitas Pamulang (UNPAM) yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa  membantu para pelaku UMKM khususnya di Kelurahan Pondok Makmur, Kota Tangerang. Dalam menjalankan usahanya pelaku UMKM diharapkan melaksanakan strategi berorganisasi dengan baik dan sukses dalam berbisnis, serta harus mampu melihat peluang dan tantangan kedepan, selain itu perlunya memahami sepuluh permasalahan umum dalam usaha. Strategi pertama memiliki visi dan misi, mempunyai tujuan bersama dalam mengembangkan usaha, membatasi dengan aturan, mempunyai program kerja dan profesionalisme dalam melakukan usaha. Dengan strategi tersebut UMKM akan lebih terprogram dan terorganisasi sehingga dalam menghadapi kesulitan dalam usaha dapat teratasi

References

Alfatiyah, R., Bastuti, S., Candra, A., Trihandayani, E., & Mualif, M. (2020). Perancangan Produk Hand Sanitizer Untuk Mencegah Penyebaran Covid 19 Di Desa Kalitorong, Randudongkal, Pemalang, Jawa Tengah. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 303-311.

Alma, Buchari. 2013. Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.

Fahrudin, Wakhit Ahmad. "Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Balance Scorecard Untuk Menentukan Key Performance Indicator Di Pt Mulia Artha Anugerah." JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) 3, no. 1 (2020): 15-23.

Fitri, Ahmad Asrof. 2019. Inspirasi Sukses Khadijah, Klaten: Semesta Hikmah.

Helmalia dan Afrinawati. 2018. Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 3 No. 2.

Maulana, Y., Fahrudin, W. A., & Khasbunalloh, K. (2021). Sosialisasi Proses Pemotongan Bahan Baku Keripik Dengan Penerapan Teknologi Sederhana Untuk Pembekalan Wirausaha Di Pesantren Ypi Hidayatul Mubtadiin. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01).

Muhammad Aminul, 2020. Perilaku Produksi Di Tengah Krisis Global Akibat Pandemi Covid-19 Dan Memanfaatkan Media Online Facebook Sebagai Alternatif Pasar. Jurnal Prilaku Produksi.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.

Sudiman, S., Fahrudin, W. A., Taufik, T., Subarman, K., & Taufik, A. (2020). Sosialisasi Strategi Usaha Kecil Menengah Untuk Meningkatkan Produktivitas Pasca Pandemi Virus Covid19. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 435-438.

Tohar, Muhammad. 2000. Membuka Usaha Kecil, Yogyakarta: Kanisius.

https://bps.go.id/UMKM

Downloads

Published

2021-11-17