Budidaya Jangkrik Untuk Meningkatkan Produktivitas Remaja di RW 007 Perumahan Benua Indah Kelurahan Pabuaran Tumpeng

Authors

  • Budi Aprina Universitas Pamulang
  • Anthon Rudy Universitas Pamulang
  • Mr Ruspendi Universitas Pamulang
  • Mr Rusmalah Universitas Pamulang
  • Fredi Dwi Ibnu Universitas Pamulang

Abstract

Dampak wabah Covid-19 tidak hanya merugikan sisi kesehatan, tetapi juga mempengaruhi perekonomian negara-negara diseluruh dunia termasuk Indonesia. Untuk itu perlu dicari solusi agar dampak dari pandemik ini bisa berkurang. Dari bebera rencana, diputuskan dilakukan pelatihan budidaya jangkrik. Mengapa budidaya jangkrik yang dipilih. Karena dari hasil pengamatan budidaya jangkrik mempunya prosentase kesuksesan yang tinggi juga proses mudah untuk para pemula sekalipun. Selain itu juga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Budidaya jangkrik ini bisa dilakukan ditempat yang tidak terlalu luas dengan media kotak dari kayu dan media trai bekas telur. Dengan masa pertumbuhan yang tidak terlalu lama, 28 sampai dengan 35 hari, jangkrik sudah bisa dipanen. Agar proses pengembangan produk dan pemasaran bisa berjalan baik dilakukan juga dilakukan juga pelatihan mengenai pengembangan produk dan pemasaran.

References

Abdi, M. N. (2020). Krisis Ekonomi Global Dari Dampak Penyebaran Virus Corona (Covid-19). AkMen JURNAL ILMIAH, 17(1), 90-98.

Aini, N. (2004). Pengolahan Tepung Ubi Jalar dan Produk-produknya untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pedesaan. Makalah Pribadi Falsafah Sains, 702.

Aprina, B. (2019). ANALISA OVERALL RESOURCE EFFECTIVENESS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN OPERATIONAL EXCELLENCE. JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri), 2(1), 1-10.

Armansyah, V., & Handayani, M. T. (2020). Pemanfaatan Potensi di Desa Cibanteng untuk Integrasi Pertanian-Peternakan “Budidaya Jangkrikâ€. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 2(1), 108-116.

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146-153.

Kurniawati, D. P. (2013). Pemberdayaan masyarakat di bidang usaha ekonomi (studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat kota Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik, 1(4), 9-14.

Prawoto, N. (2012). Model Pengembangan Dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kemandirian Untuk Mewujudkan Ketahanan Ekonomi Dan Ketahanan Pangan (Strategi Pemberdayaan Ekonomi Pada Masyarakat Dieng Di Propinsi Jawa Tengah). Jurnal Organisasi dan Manajemen, 8(2), 121-134.

Saputra, M. I. (2018). Pengendalian Suhu Dan Kelembaban Guna Meningkatkan Hasil budidaya Jangkrik Berbasis Arduino Mega 2560 (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Septiani, P. M. (2018). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Lokal terhadap Peningkatan Ekonomi Rumah Tangga di Dusun Satu Kecubung Desa Terbanggi Lampung Tengah (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sobarna, A. (2003). Konsep Pemberdayaan Ekonomi Bagi Masyarakat Miskin Perkotaan. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 19(3), 316-329.

Sitiavata Rizema Putra, 2014. Buku pintar budidaya kroto, ulat hongkong dan jangkrik. Flash Book, Yogyakarta

Downloads

Published

2021-11-17