PENINGKATAN PEMASARAN BUDIDAYA IKAN NILA DI DESA CIJENGKOL KABUPATEN SUKABUMI DENGAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Authors

  • Tedi Dahniar Universitas Pamulang
  • Yudi Maulana Universitas Pamulang
  • Marzuki Julziar Universitas Pamulang

Abstract

Ekonomi mandiri merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat Desa Cijengkol untuk memaksimalkan potensi-potensi yang dimiliki salah satunya dengan budidaya ikan nila untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Implementasi digital marketing sebagai sarana untuk penjualan digital dan meningkatkan omset penjualan. Dengan pemberian informasi dan pengetahuan kepada masyarakat Desa Cijengkol dan pemilihan design strategi penjualan online yang tepat. Oleh karena itu program implementasi digital marketing di Desa Cijengkol sebagai usaha meningkatkan omset penjualan budidaya ikan nila. Pembinaan Berkelanjutan dengan menentukan strategi dan perencanaan digital marketing yang tepat salah satunya dengan menggunakan social media, disertai dengan optimisasi digital marketing tentunya bisa mendapatkan customer lebih dan omset penjualan dibandingkan dengan penjualan tradisional

References

Adhistian, P., Dahniar, T., Syahabuddin, A., Maulana, Y., & Mairizal, M. (2020). Implementasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Susu Kambing Etawa Budidaya Pesantren Masyhad an-Nur Sukabumi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(01), 27. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6903

Azhar, H. (2017). Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Pengiriman Barang dan Jasa. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 3–8.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Kelurahan, D. I., Sari, M., Sawit, D., & Aditya, S. (2017). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO , KECIL , DAN MENENGAH ( UMKM ). 1(1), 1–17.

Kurnia, D., Alfatiyah, R., Subarman, K., Mualif, M., & Dahniar, T. (2020). Pembinaan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Untuk Media Pembelajaran Ipa Interaktif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume, 1(1), 71–75.

Musay, F. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Kfc Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 3(2), 74236.

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81. https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649

Downloads

Published

2021-11-17