INOVASI DESIGN KEMASAN PRODUK DETERGENT SABUN PENCUCI PIRING UNTUK MENINGKATKAN OMSET PRODUK UMKM MASYARAKAT DESA PAKUHAJI – KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Ahmad Rivaldi Universitas Pamulang
  • Dewangga Juasto Universitas Pamulang
  • Nasython Ilham Rosydi Universitas Pamulang
  • Rian Hardiansyah Universitas Pamulang
  • Rizki Hasan Universitas Pamulang

Abstract

Kemasan adalah sebuah hal yang dapat dikatakan suatu “pemicu†dikarenakan kegunaannya yang langsung berhadapan dengan pelanggan. Oleh karena itu, kemasan haruslah bisa memberikan kesan pertama yang dapat mempengaruhi pola pikir konsumen di tempat usaha berjualan. Dengan tinggi nya persaingan penjualan yang semakin ketat, estetika merupakan sebuah nilai tambah yang memiliki fungsi sebagai “perangkap emosionaI†yang mana sangat berpengaruh dalam menjaring konsumen. Sadar akan pentingnya kemasan terhadap penjualan, oleh karena itu kami melakukan sosialisasi mengenai inovasi desain kemasan yang mana untuk meningkatkan omset produk, sosialisasi itu kami lakukan melalui pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan yang kami lakukan ini adalah di Desa Buaran Bambu, Kecamatan Taruna kabupaten Tangerang yang peserta nya adalah para ibu-ibu PKK setempat.

References

Cenadi, C. S. (2000). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Nirmana, 2(2).

Khasbunalloh, M., Rusmalah, M., & Sarwoko, W. (2021). Pendayagunaan Masyarakat Desa Binaan Dengan Pelatihan Pembuatan Produk Deterjen Cair Di Rt 01 Rw 05 Desa Cijengkol Kecamatan Caringin, Sukabumi-Jawa Barat. ADIBRATA Jurnal, 1(1).

Wardani, I. K. (2019). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring dan Sabun Detergent Bagi Masyarakat Desa Senyiur Kec. Keruak Lombok Timur. Abdi Masyarakat, 1(1).

Hayati, K., Purba, M. I., & Ginting, W. A. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Suka Maju Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun Kebutuhan Rumah Tangga. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 434-439.

Kiswandono, A. A., Nurhasanah, N., & Jamiatul, A. (2020). WORKSHOP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUATAN DETERGEN CAIR SEBAGAI UPAYA MENGAKTIFKAN PENGURUS PKK DESA FAJAR BARU. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 12-17.

Mulyati, M., Alfian, A., Wawan Nurmansyah, W., & Narhadi, J. M. (2019). PEMBERDAYAAN KELOMPOK IBU DALAM USAHA SABUN CUCI PIRING CAIR DI TPA SUKAWINATAN

Downloads

Published

2021-08-30