PEMANTAPAN STRATEGI PEMASARAN UMKM KEPADA MASYARAKAT DALAM PERSAINGAN DIGITAL MARKETING DI KELURAHAN CIPONDOH MAKMUR

Authors

  • Ika Sugita Universitas Pamulang
  • Zamrud Falaq Qodri Universitas Pamulang
  • Muhammad Qandyas Universitas Pamulang
  • Maulana Sukresna Universitas Pamulang
  • Muhammad Firza Tulloh Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak Pengabdian kepada masyarakat yang tim kami laksanakan berlokasi di Kelurahan Cipondoh Makmur, Kota Tangerang , Banten, Indonesia. Menurut pra-survey yang telah dilakukan, tingginya kegiatan bisnis yang dilakukan oleh pelaku usaha belum disertai dengan pemantapan dalam hal strategi digital marketing. Pelaku usaha UMKM membutuhkan pemahaman atau pemantapan yang lebih dalam lagi akan bagaimana cara penggunaan strategi digital marketing tersebut dalam penerapannya ke produk yang mereka miliki.Metode pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan program, yaitu : sosialisasi dan diskusi. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan hanya berfokus pada pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Cipondoh Makmur sebagai target program dengan tujuan agar para pelaku usaha UMKM lebih fasih lagi dalam strategi digital marketing. Sehingga pemahaman tersebut dapat diterapkan dalam kegiatan usaha serta dapat memperbaiki kualitas usaha yang sedang dijalankan. Kata kunci : PKM, Pemantapan, Digital marketing

References

DAFTAR PUSTAKA

Adhistian, P., Ruspendi, R., Aprina, B., Candra, A., & Wahyu, W. (2020).

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS

POTENSI LOKAL TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI

RUMAH TANGGA. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat, 1(1).

Aditya, M. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan

Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis

IV, (April 2015), 327–337.

Atshaya, S., & Rungta, S. (2016). Digital Marketing VS Internet Marketing : A Detailed

Study. Digital Marketing VS Internet Marketing: A Detailed Study,

(1), 29–33.

Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing . International

Journal of Management, 8(10), 321–339.

Candra, A., Taufik, A., Estiningsih, E., Bahranizha, I. N., & Choirunisa, S. (2021).

PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CUCI DALAM RANGKA

MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS MASYARAKAT DI DESA

CIHUJAN KABUPATEN LEBAK. Pro Bono Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 1(01).

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2012). Digital Marketing Strategy, Implementation

and Practice (Fifth Edit). Pearson.

Dedi, P.S., Rahmi., & Shandy, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi

Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.

JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.

https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Dieter Georg Adlmaier-Herbst. (2014). (PDF) Public Relations in the Digital World:

Global Relationship Management Personal information. (January).

https://doi.org/10.13140/2.1.4752.1602

Iwan, M.R., Abdurrahman, F., Isah, A., Susilawati., & Iwan, S. (2019). Penerapan Digital

Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung

Angkringan “WAGE†Bandung. Jurnal Abdimas BSI, 2(1), 137–142.

Sunarsi, D. (2018). Analisis Motivasi Kerja Tenaga Pendidik Sukarela Pada Pusat

Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bimasda Kota Tangerang

Selatan. Kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang,

(2), 53-65.

Sunasi, D., Kusjono, G., & Nuryana, I. (2019). Pelatihan Manajemen Penguasaan Kelas

Dan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Tenaga Pengajar Sukarela Taman

Belajar Kreatif Mekarsari. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1),

-44.

Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan

Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga

Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian

pada Masyarakat, 1(4), 188-193.

Downloads

Published

2021-08-30