PEMANTAPAN STRATEGI PEMASARAN UMKM KEPADA MASYARAKAT DALAM PERSAINGAN DIGITAL MARKETING DI KELURAHAN CIPONDOH MAKMUR
Abstract
Abstrak Pengabdian kepada masyarakat yang tim kami laksanakan berlokasi di Kelurahan Cipondoh Makmur, Kota Tangerang , Banten, Indonesia. Menurut pra-survey yang telah dilakukan, tingginya kegiatan bisnis yang dilakukan oleh pelaku usaha belum disertai dengan pemantapan dalam hal strategi digital marketing. Pelaku usaha UMKM membutuhkan pemahaman atau pemantapan yang lebih dalam lagi akan bagaimana cara penggunaan strategi digital marketing tersebut dalam penerapannya ke produk yang mereka miliki.Metode pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan program, yaitu : sosialisasi dan diskusi. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan hanya berfokus pada pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Cipondoh Makmur sebagai target program dengan tujuan agar para pelaku usaha UMKM lebih fasih lagi dalam strategi digital marketing. Sehingga pemahaman tersebut dapat diterapkan dalam kegiatan usaha serta dapat memperbaiki kualitas usaha yang sedang dijalankan. Kata kunci : PKM, Pemantapan, Digital marketingReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adhistian, P., Ruspendi, R., Aprina, B., Candra, A., & Wahyu, W. (2020).
PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS
POTENSI LOKAL TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI
RUMAH TANGGA. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 1(1).
Aditya, M. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan
Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis
IV, (April 2015), 327–337.
Atshaya, S., & Rungta, S. (2016). Digital Marketing VS Internet Marketing : A Detailed
Study. Digital Marketing VS Internet Marketing: A Detailed Study,
(1), 29–33.
Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing . International
Journal of Management, 8(10), 321–339.
Candra, A., Taufik, A., Estiningsih, E., Bahranizha, I. N., & Choirunisa, S. (2021).
PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CUCI DALAM RANGKA
MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS MASYARAKAT DI DESA
CIHUJAN KABUPATEN LEBAK. Pro Bono Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat, 1(01).
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2012). Digital Marketing Strategy, Implementation
and Practice (Fifth Edit). Pearson.
Dedi, P.S., Rahmi., & Shandy, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi
Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.
JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.
https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Dieter Georg Adlmaier-Herbst. (2014). (PDF) Public Relations in the Digital World:
Global Relationship Management Personal information. (January).
https://doi.org/10.13140/2.1.4752.1602
Iwan, M.R., Abdurrahman, F., Isah, A., Susilawati., & Iwan, S. (2019). Penerapan Digital
Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung
Angkringan “WAGE†Bandung. Jurnal Abdimas BSI, 2(1), 137–142.
Sunarsi, D. (2018). Analisis Motivasi Kerja Tenaga Pendidik Sukarela Pada Pusat
Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bimasda Kota Tangerang
Selatan. Kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang,
(2), 53-65.
Sunasi, D., Kusjono, G., & Nuryana, I. (2019). Pelatihan Manajemen Penguasaan Kelas
Dan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Tenaga Pengajar Sukarela Taman
Belajar Kreatif Mekarsari. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1),
-44.
Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan
Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga
Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian
pada Masyarakat, 1(4), 188-193.