Mengenali Proses Bisnis Dengan Coaching Potensi SDM Melalui Pelatihan 5 W1H Pada Pelaku Usaha Di Desa Cijengkol

Authors

  • Miss Khairunnisa Universitas Pamulang
  • Adi Candra Universitas Pamulang
  • Franka Hendra Universitas Pamulang
  • Mr Supriyono Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah membantu memberikan pemahaman mengenai Proses bisnis dengan potensi SDM yang dimiliki oleh Karang Taruna Motekar Desa Cijengkol. Metode  yang  digunakan  pada  kegiatan  Pengabdian  Kepda  Masyarakat  ini  adalah dengan memberikan pelatihan dan Coaching melalui 5 W 1 H untuk melihat tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan serta diskusi berupa tanya jawab antara pemateri dengan peserta. Diskusi dilakukan agar peserta lebih memahami materi yang telah disampaikan.  Melalui  diskusi,  pelatihan  tidak  hanya  sekedar  transfer  knowledge  saja melainkan dapat sharing pengalaman maupun permasalahan yang sedang dihadapi mitra. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dari pelatihan yang telah dilakukan telah mencapai target luaran yang diharapakan   dimana peserta bisa memecahkan permasalahan yang dihadapi dengan 5W 1H yang diberikan berdasarkan usaha atau bisnis dari Karang Taruna Motekar.

 

Kata Kunci:  Coaching, Proses, Bisnis, 5 W 1 H, Potensi, SDM

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, F. D. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha" Emping Jagung" di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286-1295.

Budiarto, R., Putero, S. H., Suyatna, H., Astuti, P., Saptoadi, H., Ridwan, M. M., & Susilo, B. (2018). Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis: UGM PRESS.

Dewi Anggadini, S. (2013). Analisis sistem informasi manajemen berbasis komputer dalam proses pengambilan keputusan. Majalah Ilmiah UNIKOM.

Hadijaya, Y. (2013). Menyusun Strategi Berbuah Kinerja Pendidik Efektif.

Jannah, S. F. (2017). Strategi pengembangan usaha homemade Kefir Khadeejah Rembang. UIN Walisongo.

Lestari, A. S. (2013). Analisis Penilaian Kinerja Lembaga Pendidikan Tinggi Dengan Metode Balanced Scorecard: Penerapannya Dalam Sistem Manajemen Strategis (Studi Kasus Pada Universitas Brawijaya Malang). Paper presented at the Makalah disajikan dalam 2nd International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE).

Muri'ah, S. (2018). Strategi Pengembangan Pendidikan Wilayah Perbatasan (Studi Kasus pada Madrasah Ibtidaiyah Tapal Batas Sebatik dan Nunukan). FENOMENA, 10(2), 135-148.

Mustikowati, R. I., & Tysari, I. (2014). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada UKM Sentra Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi Modernisasi, 10(1), 23-37.

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468-476.

Penyusun, T. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Priyatna, M. (2017). Manajemen pengembangan sdm pada lembaga pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 21.

ROMPAS, J. D. W. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI DI PULAU NAIN KABUPATEN MINAHASA UTARA. Jurnal Administrasi Publik, 4(61).

Surepi, L., Rahmat, A., & Julita, R. (2021). PERANAN ADMINISTRASI BISNIS DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA. JURNAL AGHNIYA, 4(1), 1-10.

Suyanto, M. (2007). Marketing Strategy Top Brand Indonesia: Penerbit Andi.

Thoyib, A. (2005). Hubungan Kepemimpinan, Budaya, Strategi, dan Kinerja: Pendekatan Konsep. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 7(1), 60-73.

Umar, H. (2001). Strategic management in action: Gramedia Pustaka Utama.

Wijayanti, W., & Parinduri, L. (2020). ANALISA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERUPUK IKAN DI UD. KARYA ABADI. Buletin Utama Teknik, 16(1), 7-15.

Yoshida, D. T. (2006). Arsitektur strategik: sebuah solusi Meraih Kemenangan dalam dunia yang senantiasa Berubah: Elex Media Komputindo.

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2021-08-30