Pelatihan Pembuatan Campuran Pakan Ikan Nila Dari Dedak Padi Pada Peternak Ikan Di Desa Cijengkol Sukabumi, Jawa Barat

Authors

  • Mr. Sudiman Universitas Pamulang
  • Mr. Taufik Universitas Pamulang
  • Heri Muryanto Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak/Abstract

Sehubungan dengan semakin meningkatnya perkembangan teknologi terkait pembenihan ikan yang berkualitas, para peternak ikan di desa Cijengkol – Sukabumi diharuskan untuk bisa mencari solusi untuk bisa terus memajukan pendapatan para peternak ikan di desa Cijengkol – Sukabumi dengan tetap memperhatikan kualitas ikan tersebut. Tujuan dari dari PKM (Pengabdian Kepada Masyaakat)  adalah untuk mencari solusi bagi para peternak dengan membantu memfasilitasi kebutuhan untuk kemajuan pendapatan para peternak ikan di desa Cijengkol – Sukabumi dengan memberikan pelatihan untuk membuat tata cara pembuatan pakan ikan nila dengan memberikan bahan campuran yang yakni aspergilus niger yang berfungsi untuk meningkatkan kemudahahan pencernaan ikan dalam mencerna makanan yang diberikan, sehingga ikan dapat tumbuh sehat karena proses pencernaan mereka akan menjadi lebih baik. Metode yang digunakan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah melalui kegiatan: Penyuluhan, diskusi dan simulasi. Pada kegiatan ini tim pengabdian dan mitra melakukan pelatihan pakan ikan nila dengaan campuran aspergilus niger berbasis UMKM. Pelatihan diberikan dalam bentuk ceramah yang dilanjutkan dengan eksperimen langsung dan tanya jawab. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi selain pengajaran dan Penelitian. Dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat diharapkan keberadaan Perguruan Tinggi dapat memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat..

Kata kunci: Pakan Ikan, Aspergilus Niger, UMKM

References

DAFTAR PUSTAKA

Alim PRA. 2016. Evaluasi Tepung Ceratophyllum sp. sebagai Bahan Pakan untuk Ikan Nila Oreochromis niloticus. [SKRIPSI]. Bogor: Jurusan Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.27 hlm.

Elyana P. 2011. Pengaruh Penambahan Ampas Kelapa Hasil Fermentasi Aspergillus oryzae dalam Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus Linn.). [SKRIPSI]. Surakarta: Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret. 77 hlm.

Erfanto F, Hutabarat J dan Arini E. 2013. Pengaruh Substitusi Silase Ikan Rucah dengan Presentase yang Berbeda pada Pakan Buatan terhadap Efisiensi Pakan, Pertumbuhan dan Kelulushidupan Benih Ikan Mas (Cyprinuscarpio). Journal of Aquculture Management and Technology. 2(2): 26-36.

Handajani H. 2011. Optimalisasi Substitusi Tepung Azolla Terfermentasi pada Pakan Ikan untuk Meningkatkan Produktivitas Ikan Nila Gift. Jurnal Teknik Industri. 12(2): 177-181.

Huisman EA. 1987. Principles of Fish Production. Department of Fish Cultureand Fisheries. Wageningan: Wageningen Agriculture University Netherland. 170p.

Lestari SF, Yuniarti S, Abidin Z. 2013. Pengaruh Formulasi Pakan Berbahan Baku Tepung Ikan, Tepung Jagung, Dedak Halus dan Ampas Tahu Terhadap Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis sp). Jurnal kelautan. 6(1): 36-46

Putra AN. 2010. Kajian Probiotik, Prebiotik dan Sinbiotik untuk Meningkatkan Kinerja Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus). [TESIS]. Bogor: Program Studi Ilmu Akuakultur, Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. 63 hlm

Downloads

Published

2021-08-30