Pemberdayaan Masyarakat Untuk Meningkatkan Perekonomian Dengan Menaikkan Nilai Produk dan Harga Jual dengan Kemasan Standing Pouch di UMKM Desa Koper, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang

Authors

  • Sofian Bastuti Universitas Pamulang
  • Rini Alfatiyah Universitas Pamulang
  • M. Mualif Universitas Pamulang

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk memberdayakan masyarakat yang karena ketidakmampuannya baik karena faktor internal maupun eksternal. Kegiatan PKM ini dilakukan Di Desa Koper Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang Banten. Permasalahan yang ada di desa ini adalah Banyaknya SDM usia muda yang sudah selesai sekolah namun tidak memiliki aktifitas pekrjaan, Dana pengembangan desa dari pemerintah sebesar 350 juta yang tidak terserap karena kepala desa belum memiliki ide untuk pengembangannya, Fasilitas Desa berupa bangunan pemasaran produk UMKM Desa (toko) yang masih kosong (belum ada produk) dan Keinginan kepala desa yang belum terealisasi, yaitu ingin memiliki produk dari desa koper. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Membantu mendampingi masyarakat Desa Koper, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang dalam Meningkatkan Perekonomian Dengan Menaikkan Nilai Produk dan Harga Jual dengan Kemasan Standing Pouch, menciptakan kreativitas masyarakat dalam membuat suatu produk. Metode pelaksanaan yaitu dengan melakukan penyuluhan, diskusi, simulasi dan pemberian alat packaging. Hasil pemahaman dari peserta PKM mengenai materi yang diberikan adalah Sangat Paham 10 orang atau 55,6 %, Paham 7 orang atau 38,9 %, Kurang Paham 7 orang atau 5,6 %.

References

Alfatiyah, R., Bastuti, S., Candra, A., Trihandayani, E., & Mualif, M. (2020). Perancangan Produk Hand Sanitizer Untuk Mencegah Penyebaran Covid 19 Di Desa Kalitorong, Randudongkal, Pemalang, Jawa Tengah. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 303-311.

Alfatiyah, R., Bastuti, S., & Mualif, M. M. (2021). Perancangan Alat Press Packaging Produk Kripik Singkong Dan Kripik Pisang Untuk Usaha Umkm Masyarakat Kampung Situ, Desa. Karyabuana, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01).

Bastuti, S., Alfatiyah, R., & Syahabuddin, A. (2021). Menciptakan Safety Culture Pada Lingkungan Rumah Tangga Di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Sukabumi, Jawa Barat. ADIBRATA Jurnal, 1(1).

Bastuti, S., Muryanto, H., Purwanto, Y., & Septiyanto, A. (2020). PEMANFAATAN SAMPAH UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN DAN KENYAMAN LINGKUNGAN DI PULAU UNTUNG JAWA, KEPULAUAN SERIBU. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Jupri, A., Herlembang, B., Ariyansyah, M. A. J., Anggari, B. Y. I., Rozi, T., & Prasdyai, E. S. (2021). Pendampingan Branding Packaging dan Digital Marketing Pada Produk UMKM Keripik Talas di Lingkungan Bagek Longgek, Kelurahan Rakam. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3).

Kurniawan, D. T., Anugrahani, I. S., Prasasti, A., & Fitri, R. (2020). Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Desa Gajahrejo dalam Pembuatan Desain Kemasan Inovatif Oleh-Oleh Khas Malang Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1), 22-29.

Martono, Y., Palupi, M. E. R., Felita, B., Saptaningtyas, S. N., Raharjianti, B. M., & Hananto, F. T. W. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Kalikurmo Berbasis Kearifan Lokal. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 70-79.

Parahiyanti, C. R., Dewi, Y. R., Prasasti, A., & Wilujeng, I. P. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran dengan Kemasan Kekinian pada Proposal Rencana Bisnis UMKM Desa Kebontunggul Kabupaten Mojokerto. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 139-154.

Septiyana, L., Nizaruddin, N., Rahmawati, N. I., Atma, S. R., Putri, A. S., & Astuti, N. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Masyarakat Melalui Pengolahan Makanan Tradisional Kerupuk Dapros Di Desa Gunung Rejo. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 105-117.

Wijanarko, A., Setiawan, Y., & Purwandari, E. P. (2020). PENGEMBANGAN TECHNOPRENEUR PRODUK TURUNAN KOPI BERBASIS MARKET PLACE GUNA MENUJU MASYARAKAT EKONOMI KREATIF. Abdi Reksa, 1(1), 6-12.

Yuliani, R. (2020, May). MENCIPTAKAN VALUE ADDED (NILAI TAMBAH) KRIPIK TEMPE SAGU MELALUI VARIASI RASA DAN INOVASI KEMASAN. In PRO SEJAHTERA (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat) (Vol. 2, No. 1).

Pitoyo, C. S., Yuristian, Y., Andrianto, C., & Angelia, R. R. (2019). PENINGKATAN KOMPETENSI KARYAWAN DAN SAFETY CULTURE MELALUI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM “SINTESIS+†SEBAGAI KONTROL OPERASIONAL. Indonesian Mining Professionals Journal, 1(1), 67-75.

Downloads

Published

2021-12-13