Implementasi Value Engineering Untuk Meminimalisir Biaya Bahan Baku dan Meningkatkan Mutu Produk, Desa Koper, Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang, Banten

Authors

  • Mr Rusmalah Universitas Pamulang
  • Muhammad Yusuf Universitas Pamulang
  • Wanto Sarwoko Universitas Pamulang

Abstract

Implementasi Value Engineering Untuk Meminimalisir Biaya Bahan Baku dan Meningkatkan Mutu Produk, Desa Koper, Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang, Banten, dalam mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi dalam menghadapi peningkatan pertumbuhan masyarakat usia produktif, terutama pada masa Pandemi Covid-19 saat ini. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Masyarakat harus mampu membuat peluang-peluang usaha yang nantinya bisa menjadi sumber-sumber ekonomi yang baru. Metode pelaksanaan yaitu dengan melakukan penyuluhan, diskusi, simulasi. Hasil dari kuesioner pertama mengenai  Materi yang disampaikan sudah dipahami dengan baik adalah Sangat setuju 70%, setuju 20 %, cukup setuju 10%. Hasil kuesioner kedua tentang  Penyuluhan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan kami adalah sangat setuju 80%, setuju 10% dan cukup setuju 10%, Berarti para responden bisa memahami dan mengimplementasikan materi guna Implementasi Value Engineering Untuk Meminimalisir Biaya Bahan Baku dan Meningkatkan Mutu Produk.

References

Muhammad Yusuf, Ruspendi, Fredy Dwi Ibnu (2021): Optimalisasi Penggunaan Bahan Baku Pembuatan Produk Deterjen Cair Di RT 01 RW 05, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin Sukabumi – Jawa Barat.

Vernanda Yudha Santoso, Sugiyarto Sugiyarto, Sunarmasto Sunarmasto (2020) : Penerapan Value Engineering Pada Struktur Bangunan Gedung.

Khaerul Bahri, dan Retno Indryani (2020) Penerapan Rekayasa Nilai (Value Engineering) Pekerjaan Arsitektural Pada Proyek Pembangunan Transmart Carrefour Padang.

Muhammad Yusuf (2019). Optimasi Penurunan Defect Pada Produk Memble Berbasis Polyprofilen Menggunakan Metode SIX SIGMA, FMEA, dan ANOVA Untuk Meningkatkan Kualitas.

Berawi, M.A., 2014, Aplikasi Value Engineering pada Insdustri Konstruksi Bangunan Gedung, Jakarta : Penerbit UI-Press, ISBN 978-979-456556-8

Lestari, S. R. 2011. “Penerapan Value Engineering Untuk Efisiensi Biaya Pada Proyek Bangunan Gedung Berkonsep Green Building (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Gedung Menteri) (Skripsi). Depok : Universitas Indonesia

Downloads

Published

2021-12-10