Penerapan Nilai Tambah Produk Berdasarkan Level Pohon Industri Untuk Peningkatan Pendapatan Di Masa Pandemi Di Desa Pasir Ampo Kecamatan Kresek

Authors

  • Budi Aprina Universitas Pamulang
  • Anthon Rudy Universitas Pamulang
  • Edi Supriyadi Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak

Kualitas produk merupakan salah satu unsur yang dijadikan pertimbangan oleh konsumen dalam memutuskan dan melakukan pembelian. Kualitas produk yang baik tidak selalu dikaitkan dengan harga produk yang tinggi. Kualitas produk berkaitan dengan kualitas desain. Desain produk merupakan variabel yang sangat penting dalam manajemen perbaikan kualitas. Inovasi merupakan  suatu  mekanisme perusahaan untuk beradaptasi dengan lingkun- gan yang dinamis. Oleh sebab itu dituntut untuk mampu menciptakan pemikiran-pemikiran baru, gagasan-gagasan baru dengan menawarkan produk yang inovatif serta peningkatan kualitas produk yang dapat memuaskan pelanggan. Nilai tambah yang diperoleh pada kegiatan usaha pengolahan hasil produk terkait dengan faktor teknis dan faktor non teknis. Secara teknis, tingkat teknologi, jumlah bahan baku serta jumlah tenaga kerja yang digunakan dapat mempengaruhi besarnya nilai tambah. Unsur non teknis  yang juga dapat berpengaruh terhadap besarnya nilai tambah adalah biaya input dan harga output (harga produk). Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan jiwa wirausaha skala home industry untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Pasir Ampo Kp. Jeruk Purut RT. 009 RW. 004 Kecamatan Kresek. Analisis  pohon merupakan  suatu  langkah  pemecahan masalah dengan mencari sebab dari suatu akibat. Lebih lanjut, Modul Pola kerja Terpadu menguraikan pohon masalah sebagai suatu teknik yang dapat mengidentifikasi semua  masalah dalam  suatu  keadaan tertentu  dan  memperagakan  informasi ini sebagai rangkaian hubungan sebab akibat.

 

Kata kunci: Kualitas Produk, Inovasi, Nilai Tambah, Tree Diagram

References

DAFTAR PUSTAKA

Dewanti, N., Supriyadi, E., Sofyan, S., Sunarsi, D., Andika, B., & Yani, A. (2021). PENYULUHAN DAN PELATIHAN KETERAMPILAN SABLON PIGMENT PASTA MANUAL DI KARANG TARUNA 03 DESA CISAUK. 1.

Hapsari, H., Djuwendah, E., & Karyani, T. (2008). Peningkatan Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Salak Manonjaya. Agrikultura, 19(3), 208–215. https://doi.org/10.24198/agrikultura.v19i3.1005

Hindri, A. (2019). Memahami Analisis Pohon Masalah. Balai Diklat Kepemimpinan, Pusdiklat Pengembangan SDM< BPPK, 1–9.

Ifur, A., & Budhi, S. (2009). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Budhi Satrio Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(12), 15 0f 15.

Nurhayati, P. (2004). Nilai Tambah Produk Olahan Perikanan pada Industri Perikanan Tradisional di DKI Jakarta. Buletin Ekonomi Perikanan, V(2), 17–23.

Permana, M. V. (2013). 2756-6044-2-Pb. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 115–131.

Rahman, S. (2015). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Chips Jagung. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 4(3), 108–111. https://doi.org/10.17728/jatp.v4i3.136

Rudy. A., Aprina, B., & Supriyadi, E. (2021). Peningkatan Kualitas Produk Qi Lambung Dengan Perencanaan & Perancangan Produk UMKM Yayasan Miftahul Salamah Indonesia Ciawi Bogor. 1/1, 17-22.

Sigit, K. N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 21(1), 157–168. https://doi.org/10.26905/jkdp.v21i1.1236

Supriyadi, E., Dewanti, R. N., Shobur, M., & Handayani, E. T. (2020). Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Detergen Cair Pakaian di Sawangan Depok.

Supriyadi, E., Dewanti, R. N., Sofyan, S., & Kurniasih, N. (2020). Penyuluhan Dan Dan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Di Perumahan Griya Serpong Asri Cisauk Kota Tangerang Selatan. 1(September), 1–6.

Sutrisno, N., & Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85.

Downloads

Published

2021-12-10