PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DAN MARKET KESET PADA USAHA UMKM DI DESA PASIR AMPO

Authors

  • Aod Abdul Jawad Universitas Pamulang
  • Agus Mulyono Universitas Pamulang
  • Yusup Purwanto Universitas Pamulang

Abstract

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM yang mengadopsi teknologi digital untuk penjualan barang dan jasa secara daring relatif bisa bertahan selama pandemi Covid-19. Meski demikian, mereka tidak boleh mengabaikan inovasi dan pengembangan produk. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan dalam  rangka memenuhi kewajiban dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat melalui pelatihan bagaimana strategi pengembangan produk dan market keset pada UMKM di wilayah Desa Pasir Ampo Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang.

Metode kegiatan yang digunakan adalah membuat strategi analisa SWOT untuk mengembangkan produk dan market keset pada usaha UMKM produk keset di Desa Pasir Ampo. Analisa SWOT merupakan model langsung yang menganalisis strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang) dan threat (ancaman) organisasi untuk menciptakan fondasi strategi marketing. Melalui pelatihan ini, tim PKM berharap pelatihan ini dapat memberikan gambaran solusi kedepannya dan manfaat yang berkelanjutan baik kepada pelaku UMKM dengan produk keset maupun masyarakat sekitar yang ikut pelatihan ini.

 Hasil kegiatan PKM dengan penyampaian metode analisa SWOT pada pengembangan produk keset dan marketnya berdasarkan pada kuisioner para peserta pelatihan menunjukan bahwa sebanyak lebih dari 70% peserta memahami materi  tentang Strength dan Weakness  artinya bahwa para peserta PKM dalam hal ini pegiat UMKM sudah memahami bagaimana kekuatan dan kelemahan dalam produk mereka yaitu keset. Sebanyak lebih dari 60 % cukup paham dengan materi Opportunity dan Threat Hal ini berarti responden bisa memahami dan mulai mencoba mengimplementasikan materi strategi pengembangan produk dan market keset sehingga menambah nilai daya saing dan nilai tambah produk di pasaran.

 

Kata kunci : UMKM, analisa SWOT, marketing

References

Anggraeni Dwi F., Hardjanto Imam, Hayat Ainul. 2013. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Pihak Eksternal dan Potensi Internal. J Administrasi Publik. 1(6):1286-1295.

Ardiana IDKR, Brahmayanti IA, Subaedi. 2010. Kompetendi Sumber Daya Manusia UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 12(1):42-55.

Damayanti Annisa. 2017. Analisis Indeks Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Agroindustri di Kota Bogor. [SKRIPSI]. Bogor:Institut Pertanian Bogor.

Hapsari PP, Hakim A, Soeaidy S. 2014. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekinomi Daerah. J Wacana.17(2):88-97.

Jatmiko, Bambang, 2021, UMKM Tetap Berusaha yang Terbaik di Masa Pandemi, https://money.kompas.com/read/2021/08/25/101255926/umkm-tetap-berusaha-yang-terbaik-di-masa-pandemi?page=all. diakses tanggal : 20-10-2021.

Jawad, Abdul, dkk (2021). Pembinaan Strategis Peningkatan Daya Saing produk UMKM Kelurahan Cipondoh Makmur dalam Menghadapi Persaingan Global. Jurnal LOKABMAS Kreatif Vol.02 No.02. Hal 10-20

Jawad, Abdul, dkk (2021). Pembinaan Strategis Pengelolaan Keuangan Keluarga Di Masa Pandemi Dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal LOKABMAS Kreatif Vol.02 No.01. Hal 64-70

Pabrianto, M. Lukman, 2021, Mendag Dorong UMKM Pasarkan Produk Secara Offline dan Online di Masa Pandemi, https://money.kompas.com/read/2020/11/25/203712526/mendag-dorong-umkm-pasarkan-produk-secara-offline-dan-online-di-masa-pandemi. diakses tanggal : 20-10-2021.

Rangkuti, Freddy.1999. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zuhrotun Nisak. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis Vo.9 No.2.

Downloads

Published

2021-12-24