STRATEGI PEMILIHAN PACKAGING MENARIK DAN EKONOMIS UNTUK PRODUK DETERJEN CAIR USAHA MASYARAKAT DESA PASIR AMPO KECAMATAN KRESEK

Authors

  • Agus Syahabuddin Universitas Pamulang
  • Dadang Kurnia Universitas Pamulang
  • Tedi Dahniar Universitas Pamulang

Abstract

Banyaknya angkatan kerja yang beraktifitas di luar desa menyebabkan timpangnya perkembangan Desa Pasir Ampo dalam memanfaatkan sumber daya manusia yang produktif. Kepala Pasir Ampo berharap agar generasi muda Desa Pasir Ampo dapat memiliki kegiatan positif dan bermanfaat yang dapat meningkatkan pendapatan tambahan bagi mereka dan keluarga. Untuk itu perlu dibantu dalam mempersiapkan produk unggulan desa yang dapat unggul di pasar. Industri Rumah Tangga merupakan salah satu wujud dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memproduksi barang-barang dan dilakukan dalam rumah serta berskala kecil. Sebagai produk dasar pembahasan digunakan deterjen cair. Deterjen cair ini dapat menjadi alternatif produk unggulan dan peluang usaha masyarakat Desa Pasir Ampo. Mampu memproduksi produk satu hal penting, sedangkan mampu menjual produk adalah hal penting lain yang perlu dikuasai. Dan untuk melengkapi kemampuan menjual tersebut maka tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kami memberikan penyuluhan yang fokus dalam strategi pemilihan kemasan menarik dan ekonomis sesuai perspektif strategi desain kemasan dan branding. Untuk menarik konsumen agar produk yang ditawarkan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, maka perlu strategi dalam pengembangannya, seperti penentuan logo dan moto, menciptakan merek, menciptakan kemasan dan label. Maka sebagai salah satu faktor pendukung pemasaran deterjen cair tersebut diperlukan pemilihan desain kemasan (packaging) yang menarik dan ekonomis sebagai identitas produk agar dapat menarik minat beli konsumen.

 

Kata Kunci: Pengabdian Masyarakat, Industri Rumah Tangga, Desain Kemasan, Branding

References

Bastian, D. A. (2014). Analisa pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) ades pt. ades alfindo putra setia. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9.

Dahniar, T., Maulana, Y., & Julziar, M. (2021). PENINGKATAN PEMASARAN BUDIDAYA IKAN NILA DI DESA CIJENGKOL KABUPATEN SUKABUMI DENGAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. ADIBRATA Jurnal, 1(1).

Hakim, L. (2016). Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen Pada Bpr Sejahtera Batam. Jurnal Dimensi, 5(1).

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(1).

Karedza, G., Sikwila, M., & Bhebhe, T. B. (2017). The impact of psychological influences on consumer buying behavior of SMEs’ products: a case study of the manufacturing sector in Zimbabwe. Asian Business Research Journal, 2, 1-7.

Kurnia, D., Alfatiyah, R., Subarman, K., Mualif, M., & Dahniar, T. (2020). Pembinaan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Untuk Media Pembelajaran IPA Interaktif. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 8(2), 181-191.

Ridho, M. R., Simanjuntak, P., & Ningsih, D. (2019). PKM Ecommerce, Packaging Design dan Manajemen Pemasaran untuk Usaha Kuliner Kota Batam. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 21-26.

Sama, H., & Kevin, K. (2021, September). Perancangan dan Penerapan Websıte Rebrandıng Destınası Wısata Kota Batam Pada Oma Tour & Travel. In Conference on Business, Social Sciences and Technology (CoNeScINTech) (Vol. 1, No. 1, pp. 691-695).

Sudarma, M. (2016). Mengembangkan keterampilan berpikir kreatif.

Sutawikara, E. S. (2017). Nilai Fungsional dan Estetik Kemasan/Wadah Berbahan Bambu Pada Makanan Tradisional Indonesia dan Jepang. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 148-160.

Yusuf, M., Pulungan, A. N., Sari, R. D. I., Amne, D. P. F., Siregar, R., & Rahmah, M. (2021, March). Ring-opening Polymerization Reaction Mechanism of ε-Caprolactone Catalyzed by Bis (dibenzoylmethanato) zirconium (IV) Using PM3 Semi-Empirical Method. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1811, No. 1, p. 012057). IOP Publishing.

Downloads

Published

2021-12-31