Pengenalan Dan Pengendalian Bahaya Pada Lingkungan Rumah Tangga Kepada Masyarakat Di Desa Mekarsari

Authors

  • Aldianysah Putra Jaya Universitas Pamulang
  • Azmi Nurapipah Universitas Pamulang
  • Fakhruddin Syahbani Universitas Pamulang
  • Khoerun Nizar Universitas Pamulang
  • Royan Hidayanto Universitas Pamulang

Abstract

Pekerjaan rumah tangga sering dianggap pekerjaan yang memiliki potensi bahaya (hazards) dan risiko kerja yang rendah. Potensi bahaya dan risiko di rumah tangga begitu banyak terdiri dari bahaya faktor fisika, kimia, biologi, ergonomi dan psikologi. Pelaksanaan PKM ini bertujuan untuk mensosialisasikan cara pengendalian dan pengenalan bahaya pada lingkungan reumah tangga dengan cara mengumpulkan warga RT 005/04 desa mekarsari kecamatan rajeg kabupaten tanggerang. PKM ini juga bertujuan untuk memetakan berbagai bahaya yang terkandung dalam pekerjaan domestik baik pekerja rumah tangga yang menginap atau tidak mengina serta cara penanganan agar accident atau incident dapat dihindari, Upaya pengendalian bahaya kecelakaan tersebut perlu dilakukan oleh penghuni rumah seperti berhati-hati saat beraktivitas di bagian dapur, menggunakan meja setrika saat menyetrika pakaian, menggunakan tangga saat melakukan pekerjaan menjangkau benda di tempat tinggi, menyimpan atau menempatkan benda berbahaya dari jangkauan anak-anak, dan tindakan pencegahan lainnya.

Kata kunci : Pengendalian bahaya, pengenalan bahaya, rumah tangga

References

Yuannisa, Ekawati & Wahyuni, I 2015, 'Hubungan Aspek Safety Communication dengan Safe Work Practices Kontraktor Perbaikan Tanki di PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap,' Jurnal Kesehatan Masyarakat (eJournal) UNDIP, 3(3), hal. 664–674

https://www.safetyshoe.com/panduan-safety-menciptakan-budaya-k3-di-lingkungan-rumah/

Edward, Rebecca. (2019). Safety Hazards to Watch Out for Around the House. https://www.safewise.com/blog/safety-hazards-to-watch-out-for-around-the-house/ (diakses 25 Maret 2019).

ILO. (2013). Keselamatan dan Kesehatan Kerja Keselamatan dan Kesehatan Sarana untuk Produktivitas.

https://kumparan.com/sarihaniah/k3-dari-rumah-solusi-saat-pandemi-covid-19-1uoRf5ci4U6/full

Downloads

Published

2021-12-31