MEMBANGUN MASYARAKAT PRODUKTIF DAN INOVATIF, BEBAS NARKOBA

Authors

  • Miss Nurhayati, Universitas Pamulang
  • MISS Khairunnisa Universitas Pamulang
  • Iin Indriani Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak

Masyarakat dalam suatu negara perlu produktif dan inovatif agar tidak terus bergantung dengan program pemerintah. permasalahan yang sering terjadi di desa-desa atau bahkan ibu kota adalah tidak banyak masyarakat yang menyadari pentingnya melakukan hal yang menghasilkan dan memulai berinovasi untuk menciptakan produk baru yang mendatangkan keuntungan. Oleh sebab itu, angka pengangguran dan kemiskinan semakin meningkat, hal ini mengakibatkan depresi dan hingga akhirnya menggunakan narkotika untuk ketenangan dan keuntungan sesaat. Pada pengabdian Kepada Masyarakat di desa Koper ini bertujuan untuk membina Masyarakat desa khususnya karang taruna agar produktif dan inovatif menjadi kreator-kreator baru pembuka lapangan kerja yang bebas narkoba. Harapannya, persentase angka pengangguran dapat ditekan dan angka produktivitas masyarakat desa Koper meningkat. Metode yang digunakan pada pengabdian kepada Masyarakat di Desa Koper adalah dengan sosialisasi dan penyuluhan dalam mengantisipasi, menanggulangi serta pemberantasan penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat Selain itu, mengajak masyarakat untuk mengenali potensi diri dan lingkungannya agar dapat memaksimalkan aktivitas kerja yang memiliki nilai tambah dan memberikan penghasilan bagi masyarakat itu sendiri. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat dapat memberikan gambaran bagi para karang taruna dengan usulan kegiatan-kegiatan produktif dan inovasi yang dilakukan. 

Kata kunci: Masyarakat, bebas, narkoba, produktif, inovatif

References

DAFTAR PUSTAKA

â— Buku

Hari Sasangka, 2003, Narkotika dan Psikotropika Dalam Hukum Pidana, Mandar Maju, Bandung.

Nasdian, Fredian Tonny. 2015. Pengembangan Masyarakat. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suharto, Edi. 2016. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung : Refika Aditama

Sumaryadi, I Nyoman, 2015. Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. CV. Citra Utama, Jakarta Sumpeno, Wahyudin. Perencanaan Desa Terpadu (Panduan Perencanaan Pembangunan Berbasis Masyarakat). Jakarta : CRS Indonesia.

â—Pustaka dalam bentuk artikel dalam majalah ilmiah:

Hasan, K. (2013). Berawal Dari Komunikasi Yang Efektif: Upaya Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menjaga Ketertiban Lingkungan Bebas Narkoba

Karyoto, K., & Aprilia, D. (2019). Peran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Blitar Dalam Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Blitar Bebas Narkoba. Mizan: Jurnal Ilmu Hukum, 7(2), 13-19.

Mustanir, Ahmad; Abadi, P. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Di Kelurahan Kanyuara Kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Politik Profetik, 5(2), 247–261. Retrieved

from http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/jpp/article/viewFile/4347/3986

Downloads

Published

2021-12-30