AWARENESS SISTEM MANAJEMEN MUTU PADA USAHA MIKRO CENDOL DURIAN INDAH

Authors

  • Dyah Puspitasari Sunaryo Putri Universitas Pamulang
  • Ihsan Supono Universitas Pamulang
  • Prayoga Bakti Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak/Abstract

Salah satu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Universitas Pamulang adalah melakukan pembinaan kepada usaha mikro.. Mitra kegiatan PKM adalah Cendol Durian Indah  sebuah usaha mikro yang bergerak dalam produksi makanan, dengan hasil produksi utama es cendol durian. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah persaingan kualitas yang semakin tajam dengan produk yang sejenis, selain itu pengusaha belum memiliki awareness  mengenai sistem manajemen yang terstandard dimana salah satunya adalah ISO 9001. Oleh karena itu tim PKM dan pengusaha  usaha mikro sepakat untuk mengatasinya dengan melakukan kegiatan PKM berupa pengenalan/awareness ISO 9001.  Rencana kegiatan dilakukan dengan empat tahapan adalah (1) Koordinasi dan Perencanaan, (2) Pelaksanaan Kegiatan, (3) Monitoring dan Evaluasi, (4) Pelaporan Kegiatan. Keluaran dari bimbingan tahap pertama ini adalah rekomendasi yang dapat digunakan oleh subjek dalam implementasi sistem manajemen kualitas pada tahap awal yaitu awareness akan manajemen kualitas. Dengan rekomendasi tersebut, subjek dapat melalui memahami prinsip manajemen kualitas yang telah diterapkan dan yang dapat diterapkan. Tahap selanjutnya dalam implementasi manajemen kualitas adalah implementasinya secara formal, yang akan dilakukan dalam bimbingan tahap kedua. Implikasi dari keberhasilan dari kegiatan ini adalah keinginan subjek untuk mengimplementasikan manajemen kualitas secara formal. Kegiatan ini diharapkan terus berkelanjutan untuk pembinaan terhadap mitra usaha mikro pada tahap-tahap lebih lanjut.

 

Kata kunci: Awareness, Manajemen Mutu, ISO 9001

References

DAFTAR PUSTAKA

Adianto, A., & Gultom, E. (2020). The Influence Of Internal Audit And ISO 9001: 2015 Quality Management System On Employee Performance. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(1).

Bakar, A., Helianty, Y., & Yuniati, Y. RANCANGAN SISTEM MANAJEMEN MUTU PERUSAHAAN MELALUI PENDEKATAN ISO 9001: 2008 UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING “PT ARMADA PEMBANGUNANâ€. Jurnal PASTI Volume XII No, 1, 63-78.

Crismanto, Y., & Sunday Noya, S. T. (2018). Analisis Kesenjangan Terhadap Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 pada CV. Tirta Mangkok Merah. Kurawal-Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, 1(2), 73-81.

Feng, M., Terziovski, M. & Samson, D. 2006. Relationship of ISO 9001:2000 Quality System Cerfication with Operational and Business Performance. Journal of Manufacturing Technology Management.Vol 19 (1), pp: 22 - 37.

Gaspersz, V. 2005. Manajemen Kualitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Hijriafitri, C. Marchaban dan Sumarni. 2011. Analisis Persepsi Pelanggan Terhadap Penerapan ISO 9001:2000 di Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Bantul, Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Vol. 1, No.2, hal. 77-83

Jelita, F. N., & Ferdian, A. (2019). Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 5(1), 56-71.

Nugroho, M.S., Bisri, M., dan Anwar, M.R. 2012. Kajian Terhadap Implementasi Manajemen Mutu pada pengelolaan proyek Perumahan. Jurnal Rekayasa Sipil. Vol. 6, No. 2, hal. 134- 14

Semuel, H., dan Zulkarnain, J. 2011. Pengaruh Sistem Manajemen Mutu Iso Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Budaya Kualitas Perusahaan (Studi Kasus PT. Otsuka Indonesia Malang). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Vol.13, No. 2, hal.162- 176

Umam, M. K. (2020). Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 61-74.

Witara, K. (2018). Cara singkat memahami sistem manajemen mutu iso 9001: 2015 dan implementasinya. CV Jejak (Jejak Publisher).

Downloads

Published

2022-07-14