Menumbuhkan Kesadaran Akan Kesehatan Masyarakat Di Mulai Dengan Lingkungan Keluarga Di Kampung Cibeber, Desa Cijengkol, Cilograng, Lebak, Banten

Authors

  • Sofian Bastuti Universitas Pamulang
  • Rini Alfatiyah Universitas Pamulang
  • M. Mualif Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak/Abstract

Konsep kesehatan  berkaitan dengan perubahan perilaku sehat akan lebih terbentuk dan bertahan lama bila dilandasi kesadaran sendiri sehingga konsep upaya sehat dari, oleh, untuk kita sendiri. Kegiatan PKM ini dilakukan Kampung Cibeber, Desa Cijengkol, Cilograng, Lebak, Banten. Rata-rata masyarakat disini masih sedikit yang bersekolah hingga perguruan tinggi. Kurangnya sosialisasi dari dinas kesehatan setempat membuat masyarakat minim pengetahuan mengenai dampak kesehatan lingkungan terutama di lingkungan keluarga. Permasalahan kesehatan di kampung cibeber ini yaitu masih terlihatnya sampah di aliran sungai dan masih adanya pembuangan hajat di aliran sungan yang mengitari pemukiman warga. Tujuan dari PKM ini adalah untuk membantu menciptakan kenyamanan dan ketentraman hidup masyarakat, melalui pengetahuan guna menumbuhkan kesadaran akan kesehatan masyarakat di mulai dengan lingkungan keluarga atau lingkungan rumah tinggal yang sehat dan aman. Metode pelaksanaan yaitu dengan melakukan penyuluhan, diskusi, simulasi. Hasil dari materi PKM adalah Sangat Paham 3 orang atau 6,3%, Paham 31 orang atau 64,6 %, Kurang Paham 4 orang atau 8,3%., artinya para responden bisa memahami dan mengimplementasikan materi guna menumbuhkan kesadaran akan kesehatan masyarakat dimulai dari lingkungan keluarga.

 

Kata kunci: Kesehatan Masyarakat, Keluarga, Penyuluhan, Diskusi, Simulasi

References

DAFTAR PUSTAKA

Amalia, L. (2019). Survei Sarana Kesehatan Lingkungan Masyarakat Desa Kramat Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jambura Journal Of Health Sciences And Research, 1(1), 30-36.

Bastuti, S., Alfatiyah, R., & Syahabuddin, A. (2021). Menciptakan Safety Culture Pada Lingkungan Rumah Tangga Di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Sukabumi, Jawa Barat. ADIBRATA Jurnal, 1(1).

Bastuti, S., Muryanto, H., Purwanto, Y., & Septiyanto, A. (2020). Pemanfaatan Sampah Untuk Menumbuhkan Kesadaran Dan Kenyaman Lingkungan Di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Fitriany, M. S., Farouk, H. H., & Taqwa, R. (2016). Perilaku masyarakat dalam pengelolaan kesehatan lingkungan (Studi di Desa Segiguk sebagai salah satu desa penyangga kawasan hutan suaka margasatwa Gunung Raya Ogan Komering Ulu Selatan). Jurnal Penelitian Sains, 18(1), 41-46.

Herniwanti, H., Dewi, O., Rani, N., Yunita, J., Rahayu, E. P., Mitra, M., ... & Hartono, B. (2021). Penyuluhan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sebagai Support Program Kesehatan Lingkungan pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Abdidas, 2(2), 435-441.

MKes, I. M. R. (2021). Panduan Masyarakat untuk Kesehatan Lingkungan. Michosan Center Indonesia.

Muttaqien, K., Sugiarto, S., & Sarifudin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Kesehatan Lingkungan Melalui Program Bank Sampah. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 1(1), 6-10.

Putri, A. M., & Mulasari, S. A. (2018). Klinik Sanitasi dan Peranannya dalam Peningkatan Kesehatan Lingkungan di Puskesmas Pajangan Bantul. Medika Respati: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(2), 1-9.

Saepudin, E. (2013). Literasi informasi kesehatan lingkungan pada masyarakat pedesaan: Studi deskriptif di Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 1(1), 81-90.

Suryadi, G., Thamrin, T., & Murad, A. (2016). Perilaku Masyarakat dalam Memanfaatkan Air Sungai Siak sebagai Sumber Kehidupan dan Dampaknya terhadap Estetika serta Kesehatan Lingkungan di Wilayah Waterfront City Pekanbaru. Dinamika Lingkungan Indonesia, 3(2), 100-106.

Downloads

Published

2022-07-14