PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK USAHA RUMAHAN PADA KARANG TARUNA WARGA CINANGKA DEPOK

Authors

  • Nia Kurniasih Universitas Pamulang
  • Mr Junaedi Universitas Pamulang
  • Soleh Sofian Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

Peningkatan kesejahteraan sosial dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan, dengan memberdayakan masyarakat. Memberdayakan Pemuda Karang Taruna RT 02 di Cinangka Depok melalui pelatihan dan pendampingan strategi pemasaran produksi rumahan detergen cair. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang mampu mengandalkan kekuatannya sendiri. Tujuan dan target spesifik yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah pemuda karang taruna RT 02 tertarik dan termotivasi untuk berwirausaha, membentuk kelompok anggota karang taruna yang menjadi mandiri secara ekonomi melalui pemasaran produk rumahan detergen cair, serta merealisasikan karang taruna RT 02 lebih kuat, lebih produktif, kreatif, dan responsif. Untuk mencapai tujuan ini, tim pengabdian masyarakat Program Studi Teknik Industri telah memberikan konseling, pelatihan dan bantuanpemuda karang taruna dalam melatih untuk memasarkan produk detergen cair.Pemuda karang taruna diberikan pengetahuan tentang strategi pemasaran dan peluang bisnis berbasis rumah, serta prinsip-prinsip dasar produksi, serta pengemasan produk dan teknik pemasaran.

 

Kata kunci : Detergen Cair, Strategi Pemasaran, Media Online

References

DAFTAR PUSTAKA

Purnomo, RA, (2016), Ekonomi Kreatif : Pilar Pembangunan Indonesia, p. 111;

ALKIMIA: Jurnal Ilmu Kimia dan TerapanVol. 2 No. 2 2018 27 Penetapan Kadar Surfaktan Anionik Pada Deterjen Cuci Cair Secara Metode Titrimetri, Ika Candrika Wibisono

Deby Anggina, Novia Dewi, Fajar Restuhadi. 2020. Strategi Pemasaran Agroindo Industri Dodol Rasa Buah Lokal. Jurnal Ilmiah Pertanian, Vol. 17, No.1. Program Pascasarjana, Magister Agribisnis, Universitas Riau, Indonesia

Kumar, Nirmalya, Lisa Scheer, and Philip Kotler. 2000. From Market Driven to Market Driving. European Management Journal. Volume 18, Issue 2.

Tjiptono, Fandy.1997. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Andi Offset. Yogyakarta

Zuhrotun Nisak. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis Vo.9 No.2.

Kotler, Plilip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode penelitian Manajemen: “Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tensis, dan disertai Ilmu Manajemenâ€. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponnogoro.

Susanto, Christian. 2004. “Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen pada Makanan Tradisionalâ€. Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3, September.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta

Downloads

Published

2022-07-14