PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN ENERGI RAMAH LINGKUNGAN UNTUK KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) EKOWISATA KERANGGAN TANGERANG SELATAN

Authors

  • Patria Adhistian Universitas Pamulang
  • Ariyawan Sunardi Universitas Pamulang
  • Gaguk Firasanto Universitas Pamulang
  • Edi Sumarno Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak

PkM atau yang di sebut  dengan Pengabdian kepada Masyarakat yang di lakukan oloh tim dosen Fakultas Teknik Universitas Pamulang untuk tahun anggaran 2021/2022 ini dilaksanakan di Kampung Keranggan Tangerang Selatan, Kecamatan Setu, Kabupaten Tangerang, Banten tepatnya di RT 013 RW 005. Pemilihan Kampung Keranggan sebagai tempat untuk melaksanaan kegiatan PkM adalah kampung ini masih mempunyai permasalahan dalam hal energi listrik. Adapun permasalahan saat ini adalah dalam hal penerangan yang kurang maksimal dari jalan pusat ekowisata menuju homestay. Berdasarkan latar belakang masalah yang di alami oleh mitra maka dengan adanya  pelaksanaan kegiatan PkM ini, maka perlu adanya jalan keluar permasalahan kepada mitra berupa energi yang ramah lingkungan yaitu dengan memanfaatkan energi solar cell, sehingga penerangan maupun kebutuhan listrik lainnya dapat tercukupi dengan baik. Metode yang digunakan di kegiatan PkM ini adalah dengan cara melakukan sosialisasi, pelatihan dan perancangan serta implementasi solar cell kepada warga masyarakat Kampung Keranggan. Hasil dari kegiatan ini, telah dilakukan pemasangan inverter dan batterei 100Ah,Panel surya sebanyak 3 buah @340Wp, dan solar charge controller .Dengan di laksanakannya program kegiatan PkM di Kampung Keranggan di harapkan bisa membantu mengatasi kekurangan penerangan yang di alami oleh mitra, selain itu, PkM ini juga dapat memberikan pengembangan, kemajuan dan memberikan bentuk kerjasama yang baik yaitu  menjadikan desa mitra sebagai desa binaan secara berkelanjutan.

Kata Kunci : Solar Cell, Energi Terbarukan, PJU

References

DAFTAR PUSTAKA

Aripriharta, A. N. Handayani, N. Mufti, Muladi, A. R. Taufani, A. Firmansah, K. H. Wibowo, M. N. Laili, and J. R. Larasati. 2020. "Penerapan Teknologi Pompa Air Bertenaga Surya Untuk Layanan Masyarakat Pesantren," Jurnal Graha Pengabdian, vol. 2, no. 1, pp. 60-70.

Dewi Purnama Sari, Novi Kurniasih, Alex Fernandes. 2020. Pemanfaatan Listrik Tenaga Surya Sebagai Pasokan Listrik Untuk Menghidupkan Mesin Pompa Air Masyarakat Dusun Cilatak, Desa Sukadana, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, Banten. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri e-ISSN: 2655-5948 Vol. 3, No. 1.

O. I. Sanjaya, I. A. D. Giriantari, and I. N. S. Kumara. 2019. Perancangan Sistem Pompa Irigasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Untuk Pertanian Subak Semaagung, Jurnal SPEKTRUM, vol. 6, no. 7, pp. 114-121.

Downloads

Published

2022-07-14