PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PEMBINAAN AKAN PENTINGNYA KALIBRASI ALAT UKUR DALAM PROSES PRODUKSI PADA UNIT USAHA UMKM DI DESA KOPER

Authors

  • Aod Abdul Jawad Universitas Pamulang
  • Agus Mulyono Universitas Pamulang
  • Yusup Purwanto Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak/Abstract

Pada kuartal pertama tahun 2022 ini menunjukkan kondisi pandemi Covid-19 mulai stabil dan terkendali sudah mulai dapat memasuki tahap pemulihan ekonomi UMKM dan koperasi lebih cepat dan transformatif. Dimana pemulihan tidak sekedar tumbuh kembali seperti kondisi sebelum pandemi, tetapi sekaligus menyiapkan UMKM dan koperasi lebih siap menghadapi krisis ataupun perubahan lingkungan di masa-masa akan datang. Pemulihan transformatif ini juga termasuk mendorong pembiayaan UMKM dan Koperasi bergeser dari sektor perdagangan ke sektor riil sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan yang baru dan lebih luas lagi akan memperkuat kemandirian pangan nasional. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan dalam  rangka memenuhi kewajiban dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat melalui pelatihan bagaimana pentingnya kalibrasi alat ukur yang digunakan pada proses produksi unit UMKM di wilayah Desa Koper Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang.

Metode kegiatan yang digunakan adalah memberikan pembinaan mengenai pentingnya dilakukan kalibrasi alat ukur yang digunakan oleh unit produksi UMKM, memberikan gambaran terhadap kinerja alat ukur yang dilakukan kalibrasi secara rutin, bagaimana menentukan waktu kalibrasi serta beberapa manfaat yang didapatkan jika alat ukur yang digunakan rutin dilakukan kalibrasi. Melalui pelatihan ini, tim PKM berharap pembinaan ini dapat memberikan gambaran solusi kedepannya dan manfaat yang berkelanjutan baik kepada pelaku UMKM maupun masyarakat sekitarnya..

 Hasil kegiatan PKM dengan penyampaian pentingnya kalibrasi pada alat ukur unit produksi berdasarkan pada kuisioner para peserta pelatihan menunjukan bahwa sebanyak lebih dari 75% peserta memahami materi arti dan prinsip dasar kalibrasi artinya bahwa para peserta PKM dalam hal ini pegiat UMKM sudah memahami bagaimana pentingnya kalibrasi secara berkala alat ukuryang  mereka gunakan. Sebanyak lebih dari 85 % cukup paham dengan materi tujuan dan manfaat kegiatan kalibrasi alat ukur, hal ini berarti responden bisa memahami dan mulai mencoba mengimplementasikan pelaksanaan atau kegiatan kalibrasi alat ukur secara berkala sehingga produk UMKM yang dipasarkan menggunakan alat ukur yang sudah terkalibrasi resmi.

Kata kunci : Transformatif, UMKM, Kalibrasi 

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni Dwi F., Hardjanto Imam, Hayat Ainul. 2013. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Pihak Eksternal dan Potensi Internal. J Administrasi Publik. 1(6):1286-1295.

Ardiana IDKR, Brahmayanti IA, Subaedi. 2010. Kompetendi Sumber Daya Manusia UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 12(1):42-55.

Damayanti Annisa. 2017. Analisis Indeks Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Agroindustri di Kota Bogor. [SKRIPSI]. Bogor:Institut Pertanian Bogor.

Diskominfo Kab.Tangerang. Nomor : PR /460- DISKOMINFO / XII / 2021. Diunggah pada tanggal 5 Juni 2022.

Hapsari PP, Hakim A, Soeaidy S. 2014. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekinomi Daerah. J Wacana.17(2):88-97.

https://nasional.kontan.co.id/news/ini-prioritas-program-kemenkop-ukm-di-tahun-2022?page=2

diunggah tanggal 8 Juni 2022.

https://www.bapeten.go.id prosedur pengendalian peralatan pengukuran dan pengujian. diunggah tanggal 8 Juni 2022

https://www.labmutu.com Penanganan bahan pengujian dan atau kalibrasi berdasarkan ISO17025. diunggah tanggal 8 Juni 2022

https://www.kemenkeu.co.id. Pemaparan Rencana Kerja dan Anggaran Tahun (RKAT) 2022. diunggah tanggal 8 Juni 2022

Jatmiko, Bambang, 2021, UMKM Tetap Berusaha yang Terbaik di Masa Pandemi, https://money.kompas.com/read/2021/08/25/101255926/umkm-tetap-berusaha-yang-terbaik-di-masa-pandemi?page=all. diakses tanggal : 20-10-2021.

Jawad, Abdul, dkk (2021). Pembinaan Strategis Peningkatan Daya Saing produk UMKM Kelurahan Cipondoh Makmur dalam Menghadapi Persaingan Global. Jurnal LOKABMAS Kreatif Vol.02 No.02. Hal 10-20

Jawad, Abdul, dkk (2021). Pembinaan Strategis Pengelolaan Keuangan Keluarga Di Masa Pandemi Dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal LOKABMAS Kreatif Vol.02 No.01. Hal 64-70

Jawad, Abdul, dkk (2021). Strategi Pengembangan Produk dan Market Keset pada Usaha UMKM di Desa Pasir Ampo. ADIBRATA Jurnal Vol.03 No.01. Hal 71-79

Downloads

Published

2022-04-30