Sosialisasi Konsep Produk dan Siklus Hidup Produk Dalam Upaya Pengembangan Produk Kopi di Dusun Pasirkaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumendang, Jawa Barat

Authors

  • Budi Aprina Universitas Pamulang
  • Anthon Rudy Universitas Pamulang
  • Iip Muhlisin Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak/Abstract

Kepuasan pelanggan sangat penting dan itu ditentukan oleh persepsi pelanggan ataskinerja produk atau jasa dalam memenuhi harapannya. Kepuasan pelanggan akan tercapai apabila pelanggan menggunakan produk atau jasa yang mereka butuhkan dan tercapai kepuasannya. Lima hal utama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, yaitu: kualitas produk, pelayanan, harga, emosional, dan kemudahan mendapatkan produk atau jasa. Untuk menciptakan hal tersebut produsen harus mampu menerapka konsep produk dalam proses perancangan dan penciptaan produknya. Dengan menerapkan 3 komponen dasar dalam konsep produk maka sudah pasti apa yang akan dibuat bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Dan dalam proses membuat atau menciptakan produk, produsen juga harus mengerti dan memahami waktu yang cocok dan tepat untuk membuat produk baru atau mengembangkan produk yang sudah ada menjadi varian baru. Untuk hal ini produsen harus memahami apa itu siklus hidup produk. Siklus hidup produk ini menganalogikan siklus kehidupan manusi yang mana ada perkenalan, pertumbuhan, kematangan dan kemunduran. Untuk meningkatkan kualitas dan penjualan dari produk UMKM Desa Pasirkaliki, maka masyarakat harus bisa memahami konsep produk dan siklus hidup produk. Dengan demikian maka akan dapat meningkatkan kualitas dan penjualan, sehingga hal ini sudah barang tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Pasirkaliki, Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang.

 

Kata kunci: Siklus Hidup Produk, Konsep Produk, Kepuasan Pelanggan

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Aprina, B. (2019). ANALISA OVERALL RESOURCE EFFECTIVENESS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN OPERATIONAL EXCELLENCE. JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri), 2(1), 1-10.

Aprina, B., Rudy, A., & Supriyadi, E. (2021). Penerapan Nilai Tambah Produk Berdasarkan Level Pohon Industri Untuk Peningkatan Pendapatan Di Masa Pandemi Di Desa Pasir Ampo Kecamatan Kresek. ADIBRATA Jurnal, 3(1).

Aprina, B., & Ruspendi, R. (2021). DESIGN OF FINISHED GOODS INSPECTION ACCELERATION WITH QCC METHOD AND SEVEN TOOLS TO INCREASE PRODUCTIVITY. SINTEK JURNAL: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 15(1), 43-50.

Briyanto, B., Arnelli, A., & Suseno, A. (2010). Detergensi Natrium Dodesilbenzen Sulfonat dengan Penambahan Natrium Tripolifosfat dan Variasi pH. Jurnal Kimia Sains Dan Aplikasi, 13 (1), 8–11. https://doi.org/10.14710/jksa.13.1.8-11

Hunaepi, H., Samsuri, T., Firdaus, L., Mirawati, B., Ahmadi, A., Muhali, M., Asy’ari, M., & Azmi, I. (2017). Pemberdayaan Ibu-Ibu Pkk Melalui Pelatihan Produksi. Lumbung Inovasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat IKIP Mataram, 2(1), 65–67.

Kiswandono, A. A. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Home Industri Kelompok Pkk Desa Fajar Baru: Pembuatan Detergen Cair. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1), 72. https://doi.org/10.23960/jss.v4i1.151

Kiswnadono, A. A., Akmal, J., Lampung, B., Mesin, J. T., Teknik, F., Lampung, U., & Lampung, B. (2020). WORKSHOP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUATAN DETERGEN CAIR Kata kunci — Fajar Baru , Home industry , PKK. 3, 12–17.

Pkk, P. I., Rw, D. I., Desa, D. A. N., & Wetan, C. (2019). PELATIHAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA PEMBUATAN SABUN CAIR Keberdayaan perempuan di bidang ekonomi adalah salah satu indikator meningkatnya Saat perempuan menjadi kaum terdidik , mempunyai hak-hak kepemilikan , dan bebas untuk bekerja di luar rumah serta mempuny. 3(1), 276–280.

Ruspendi, R., & Aprina, B. (2021). PENERAPAN VALUE ENGINEERING DAN STARTEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS UMKM DI RW 06 KAMPUNG BARU, KELURAHAN JELUPANG, KECAMATAN SERPONG UTARA, TANGERANG SELATAN. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01).

Suleman, A. R., Ahdiyat, M., Nainggolan, L. E., Rahmadana, M. F., Syafii, A., Susanti, E., Supitriyani, & Siregar, R. T. (2020). Ekonomi Makro. www.kitamenulis.id

Supriyadi, E., Dewanti, R. N., Sofyan, S., & Kurniasih, N. (2020). Penyuluhan Dan Dan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Di Perumahan Griya Serpong Asri Cisauk Kota Tangerang Selatan . 1(September), 1–6.

VH, E. S., & Susilowati, E. (2016). Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Melalui Pelatihan dan Pendampingan Produksi sabun dan Deterjen. Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat, 4 (2), 87–96.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.

Downloads

Published

2022-04-30