Pelatihan Teknik Pemasaran dan Distribusi Logistik Tepung Pisang di Desa Cijengkol Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak Banten
Abstract
Abstrak/Abstrack
Produksi pisang di Jawa Barat dan Banten. khususnya Kabupaten Lebak sangat potensial, yang banyak dibudidayakan oleh para petani. Produksi pisang yang stabil menandakan pisang sudah menjadi salah satu komoditas buah utama di Kabupaten Lebak. Kecenderungannya produksi akan meningkat tiap tahun Pisang merupakan sumber daya yang banyak sekali manfaatnya. Pisa bisa dimakan secara langsung sebagai buah ataupun dijadikan bahan olahan kue. Salah satu olahan pisang yang masih belum banyak dikenal masyarakat adalah tepung pisang. Tujuan utama pemberdayaan tepung pisang adalah sebagai bahan baku dan bahan substitusi terigu untuk industri makanan olahan. Namun pangsa pasar untuk tepung pisang ini masih harus dikembangkan. Untuk itu perlu adanya pelatiahan terkait dengan pemasaran dan distribusi logistik. Metode yang bisa menggunakan E-Commerce dalam pemasarannya, sedangkan untuk pendistribusian logistik harus dilakukan dengan hati-hati dan metode yang bisa digunakan yaitu Make to Order dan Make to Stock untuk WIP (Work in Process). Perlu adanya pemahaman dari warga desa Cijengkol untuk mengembangkan usaha tepung pisang. Karena ketersediaan bahan baku dan jumlah bahan baku yang tersedia sangat menentukan dalam pengelolaan pengolahan pisang menjadi tepung
Kata Kunci: Pemasaran, Distribusi, Tepung Pisang
References
DAFTAR PUSTAKA
Alma, B. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Edisi 2. Bandung: ALFABETA
Bowersox, Donald J. (2006).Manajemen Logistik (Integrasi Sistem-sistem Manajemen Distribusi Fisik dan Manajemen Material), Ed 1, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Bowersox, Donald J.(2004), Manajemen Logistik (Integrasi Sistem-sistem Manajemen Distribusi Fisik dan Manajemen Material), Ed 2, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kholil, M., Chandra, A., & Bethriza, H. (2019). Perencanaan Pengendalian Poduksi Dan Logistik. jakarta: Mitra Wacana Media.
Kurnia, D., Bastuti, S., & Istiqomah, B. N. (2018). Analisis Pengendalian Bahan Baku Pada Produk Tas Dengan Menggunakan Metode Material Requirements Planning (MRP) Untuk Meminimalkan Biaya Penyimpanan Di Home Industry Amel Collection. JITMI(Jurnal Ilmiah Teknik Manajemen Industri), 1(1).
Oentoro, Deliyanti. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior. Perilaku konsumen dan Strategi PemasaranJilid 2.Edisi 4. Jakarta: Erlangga.