Pelatihan Pembuatan Sabun oleh Mahasiswa Universitas Pamulang di Perumahan Griya Serpong Asri Desa Suradita

Authors

  • Fikri Ramadhan Universitas Pamulang
  • Chaseka Ciciliani Universitas Pamulang
  • Ahmad Yani Universitas Pamulang
  • Mr Sudiman Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak

Sabun cuci piring merupakan salah satu kebutuhan dalam rumah tangga yang berfungsi sebagai penghilang kotoran dan lemak pada peralatan makan dan masak.merupakan kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi setiap hari. Konsumsi sabun yang terus menerus setiap harinya, menyebabkan kebutuhan pengadaan sabun yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kegiatan pengabdian masyarakat meliputi identifikasi permasalahan yang muncul pada masyarakat sesuai dengan kompetensi masyarakat bersangkutan. Permasalahan tersebut yang selanjutnya dikaji dan dicarikan solusi. Melalui pengabdian kepada masyarakat tepat guna yang sederhana dalam pelatihan ini, diharapkan dapat diperoleh pemberdayaan masyarakat dengan peningkatan keterampilan yang bermanfaat. Pelatihan dan penyuluhan sederhana ini dapat diterapkan oleh masyarakat secara umum. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi pemicu tumbuhnya semangat kewirausahaan yang lain untuk setidaknya mencukupi kebutuhan sabun cuci piring.

Kata Kunci: Sabun cuci piring, produk, pelatihan

References

DAFTAR PUSTAKA

Adhistian, P., Ruspendi, R., Aprina, B., Candra, A., & Wahyu, W. (2020).

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS POTENSI LOKAL TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI RUMAH TANGGA. Abdi Laksana,1(1).

Aprijon. 2013. Kewirausahaan dan Pandangan Islam. Menara. 12(1):1-11

Khasbunalloh, M., Rusmalah, M., & Sarwoko, W. (2021). Pendayagunaa Masyarakat Desa Binaan Dengan Pelatihan Pembuatan Produk Deterjen Cair Di Rt 01 Rw 05 Desa Cijengkol Kecamatan Caringin, Sukabumi-Jawa Barat. ADIBRATA Jurnal, 1(1).

Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019).Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4), 188-193

Tambunan, Tulus. 2009. UMKM di Indonesia dan Beberapa Isu Penting. Ghalia Indonesia,Jakarta.

Tanjung, D.A., 2017. Pelatihan Pembuatan Sabun Cair dan Shampoo Pencuci Mobil. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Masyarakat. 2(1):41-45.

Downloads

Published

2022-08-30