Sosialisasi Teknik Pemasaran Produk UMKM Sabun Cuci Tangan Guna Meningkatkan Kesejahteraan Warga
Abstract
Abstrak/Abstrack
Dalam dunia bisnis baik skala kecil ataupun besar, kegiatan pemasaran merupakan salah satu unsur penting yang mempengaruhi performa dalam suatu usaha. Pemasaran diterapkan secara luas dalam masyarakat, bukan saja di sektor organisasi bisnis, tetapi juga di sektor-sektor organisasi non bisnis. Kebutuhan sehari-hari yang semakin tinggi tidak dibarengi dengan lowongan kerja yang memadai, pekerjaan semakin sulit, sedangkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari mengharuskan pengeluaran yang tidak sedikit. Sosialisasi kepada masyarakat meliputi identifikasi permasalahan yang muncul pada masyarakat sesuai dengan kompetensi masyarakat bersangkutan untuk selanjutnya dikaji dan dicarikan solusi. Metode pendekatan untuk dapat menyelesaikan permasalahan dalam kegiatan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Sosisalisasi tentang pemasaran suatu produk merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan minat masyarakat dalam berwirausaha, UMKM dan sejenisnya. Dengan adanya sosialisasi tentang strategi pemasaran produk UMKM diharapkan agar tercipta usaha industri rumahan atau home industry kepada warga, serta meberikan wawasan dan juga peluang usaha yang sangat potensial untuk dikembangkan.
Kata Kunci: Pemasaran, peluang usaha, wirausaha.
References
DAFTAR PUSTAKA
Adhistian, P., Ruspendi, R., Aprina, B., Candra, A., & Wahyu, W. (2020). PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS POTENSI LOKAL TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI RUMAH TANGGA. Abdi Laksana, 1(1).
Khasbunalloh, M., Rusmalah, M., & Sarwoko, W. (2021). Pendayagunaan Masyarakat Desa Binaan Dengan Pelatihan Pembuatan Produk Deterjen Cair Di Rt 01 Rw 05 Desa Cijengkol Kecamatan Caringin, Sukabumi-Jawa Barat. ADIBRATA Jurnal, 1(1).
Mulyati, M., Alfian, A., Wawan Nurmansyah, W., & Narhadi, J. M. (2019). PEMBERDAYAAN KELOMPOK IBU DALAM USAHA SABUN CUCI PIRING CAIR DI TPA SUKAWINATAN.
Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24-31.
Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4), 188-193.
Tanjung, D.A., 2017. Pelatihan Pembuatan Sabun Cair dan Shampoo Pencuci Mobil. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Masyarakat. 2(1):41-45.
Wardani, I. K. (2019). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring dan Sabun Detergent Bagi Masyarakat Desa Senyiur Kec. Keruak Lombok Timur. Abdi Masyarakat, 1(1).