Sosisalisasi Pemanfaatan Sari Kurma Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dalam Menghadapi Masa Pandemi

Authors

  • Ahksanul Kholki Universitas Pamulang
  • Febry Saputra Universitas Pamulang
  • Iqbal Rafiansyah Universitas Pamulang
  • M. Fazrin Alpansyah Universitas Pamulang
  • Mr Saipulloh Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak/Abstract

Sari kurma adalah buah kurma yang dihaluskan dan di ambil sarinya. Sari kurma biasanya bertekstur kenta, berwarna hitam, terasa manis, dan manfaat yang tidak kalah dari buah kurma. Buah kurma itu sendiri adalah tanaman palma (Arecacea) dalam Genus Phoerix, buahnya dapat di makan. Telah sejak lama di budidayakan, kemingkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Buahnya di jadikan makanan pokok di daerah Timur tengah dan Afrika Utara. Pohonya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rrumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Karena wabah pada sampai saat ini masih belum menurun alangkah baiknya jika mengajak warga sadar akan pentingnya mengkonsumsi buah buahan yang menyehatkan tubuh untuk lebih berstamina seperti salah satu contoh yakni sari kurma yang mana sari kurma ini mengandung vitamin dan mempunyai banyak khasiat untuk kekebalan tubuh agar bertahan dari serangan virus. Dilihat dari akan manfaat dari sari kurma maka kami sebagai tim relawan berinisiatif untuk mengolah sari kurma serta membagikan hasil olahan sari kurma kepada masyarakat Desa Belendung. Manfaat bagi masyarakat setempat dapat tentang pentingnya menjaga kesehatan serta khasiat sari kurma sebagai kekebalan tubuh khususnya pencegahan ditengah pandemi Covid-19, dan Manfaat bagi para mahasiswa pelaku Pengabdian Kepada Masyarakat, dapat berbagi pengetahuan terkait Memperkuat tali silaturrahmi kepada masyarakat Desa Belendung serta dapat mengetahui isu-isu aktual yang ada di masyarakat tentang pencegahan Covid-19.

 

Kata kunci: Manfaat Kurma, Produk Solusi, Sari Kurma

References

DAFTAR PUSTAKA

Lestari, N. D. (2021). Sosialisasi Bahaya Covid-19 dan Protokol Kesehatan Kepada Anak-Anak di Tempat Les Desa Sidorahayu. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 57-65.

Margiana, W., & Muflihah, I. S. (2020). Penyuluhan Pemanfaatan Kurma Pada Ibu Menyusui Di Desa Sokaraja Kulon. Jurnal Pengabdian Dharma Bakti, 3(2), 36-39.

Negara, J. K. (2017). Penambahan Substrat Sari Kurma Sebagai Antibakteri dan Anyioksidan pada Minuman Whey Fermentasi (Doctoral dissertation, IPB University).

Nurrokhman, A., Wisnianingsih, N., & Pitono, W. (2022). Sosialisasi Pelatihan Pembuatan Jahe Merah Instan Untuk Minuman Kesehatan Di Masa Pandemi Covid 19. DEDIKASI PKM, 3(2), 149-159.

Natasya, R. P. (2019). Pemanfaatan Limbah Cair Sari Kurma sebagai Pengganti Molasses dalam Pembuatan Pakan Domba.

Yani, K. T. P. A., Kurnianta, P. D. M., Cahyadi, K. D., Esati, N. K., Sawiji, R. T., Darmawan,

G. A., ... & Purnamasari, I. G. A. P. P. (2021). MANFAAT SUPLEMEN DALAM MENINGKATAN DAYA TAHAN TUBUH SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID-19. Acta Holistica Pharmaciana, 3(1), 9-21.

https://www.alodokter.com/ketahui-manfaat-sari-kurma-untuk-kesehatan https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-sari-kurma

https://www.merdeka.com/jabar/10-manfaat-sari-kurma-untuk-kesehatan-menjaga-kesehatan- tulang-hingga-otak-kln.html

https://www.sehatq.com/artikel/tak-sekedar-manis-ini-manfaat-sari-kurma-untuk-kesehatan

Downloads

Published

2022-08-30