PENYULUHAN TENTANG PELUANG DAN ANCAMAN MENGHADAPI MASA PANDEMI YANG MULAI MELONGGAR DI KOPERASI SYARIAH BMI KP OJA, KEC. SEPATAN KAB. TANGGERANG

Authors

  • Adi Suyana Universitas Pamulang
  • Fatkul Huda Universitas Pamulang
  • Dindin Saepudin Universitas Pamulang
  • Fazri Santoso Universitas Pamulang
  • Adnan Laden Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak/Abstract

Hand sanitizer (antiseptik tangan) adalah produk kesehatan yang secara instant dapat mematikan kuman tanpa menggunakan air, dapat digunakan kapan saja dan dimana saja, misalnya setelah memegang uang, sebelum makan, setelah dari toilet dan setelah membuang sampah. Hand Sanitizer Daun Sirih merupakan salah satu kegiatan pengabdian yang dilakukan mahasiswa terhadap masyarakat sekitar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh Mahasiswa PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini dapat menghasilkan suatu produk kesehatan yang dapat dimanfaatkan baik untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitarnya serta memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Metode yang digunakan berupa ceramah berisi penjelasan materi dan praktek pembuatan hand sanitizer. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah pemahaman peserta tentang pembuatan hand sanitizer dari bahan alam beserta fungsinya.

 

Kata kunci: Hand Sanitizer, Cara Pembuatan, Hasil

References

DAFTAR PUSTAKA

Anief, M., 2007, Farmasetika, UGM Press, Yogyakarta

Anonim, 1986, Sediaan Galenik. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Anonim, 1997. Farmakope Indonesia Edisi IV. Departemen Kesehaan Republik Indonesia

Anonim. 1983. Farmakologi dan Terapi edisi II. Bag. Farmakologi FK UI. Jakarta.

Block, S. 2001. Disinfection, Sterilization and Preservation, edisi 4, Williams and Wilkins. USA.

Dewi, Desintya. 2012. Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis. Surabaya : Penerbit Stomata.

Hidayat, S., 2005, Ramuan Tradisional ala 12 Etnis Indonesia, 6, Penebar Swadaya, Jakarta.

Lauma, S.W., Pangemanan, Damajanti H. C., Bernart S. P Hutagalung. 2015. Uji Efektifitas Perasan Air Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia S) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus Secara In Vitro. Jurnal Ilmiah Farmasi-Unsrat. Vol. 4 No.4.

Radji, M., 2011, Buku Ajar Mikrobiologi Panduan Mahasiswa Farmasi dan Kedokteran, 107, 118, 201-203, 297, Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Downloads

Published

2022-08-30