Penyuluhan Pembuatan Sabun Cuci Piring Sebagai Upaya Membuka Peluang Industri Rumahan di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Authors

  • Fathya Indah Rahayu Universitas Pamulang
  • Finda Gita Kusuma Dewi Universitas Pamulang
  • Micko Revanza Universitas Pamulang
  • Ulil Abzar Abdala Universitas Pamulang
  • Abdul Aziz Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

Sabun cuci piring merupakan bahan yang sering digunakan untuk membersihkan piring dan perabot rumah tangga. Sabun cuci piring sekarang banyak digunakan masyarakat sebagai pengganti abu gosok. Penggunaan sabun cuci piring setiap hari memakan biaya yang cukup banyak. Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini untuk melakukan penyuluhan tentang pembuatan sabun cuci piring kepada masyarakat desa Kompa, kecamatan Parungkuda, kabupaten Sukabumi untuk mengurangi biaya pembelian sabun cuci piring dan sebagai peluang usaha industri rumahan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan dan praktik pembuatan sabun. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah produk berupa sabun cuci piring sesuai metode yang diberikan.

Kata kunci: Sabun cuci piring, Pengabdian, Penyuluhan, Industri rumahan


References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, I. G. (2016). PENYULUHAN PEMBUATAN PENCUCI PIRING RAMAH LINGKUNGAN DI WILAYAH JAKARTA BARAT. Jurnal Abdi Masyarakat, 2 (1), 25-30.

Edi Supriyadi, R. N. (2020). PENYULUHAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CUCI PIRING. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 3.

Kiki Yuli Handayani, S. A. (2022). FORMULASI SABUN CAIR CUCI PIRING MENGGUNAKAN. Jurnal Ilmiah Kefarmasian, 7.

Lase, A. (2022). Pelatihan dan Praktek Pembuatan Sabun Cuci Sunlightdi Desa Onozalukhu, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1, 1-6.

Purwanti, A. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CAIR UNTUK PERABOT RUMAH. Jurnal Dharma Bakti, 4 (1).

Tanjung, D. A. (2017). PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CAIR DAN SHAMPOO. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Masyarakat, 2 1.

Downloads

Published

2022-08-30