Pemanfaatan Teknologi Sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas Hasil Tani Dilihat Dari Perspektif Islam Di Kampung Kadikaran Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang

Authors

  • M Mualif Universitas Pamulang
  • Tedi Dahniar Universitas Pamulang
  • Edi Iswanto Wiloso Universitas Pamulang

Abstract

Profesi Pertanian  tidak bisa dipisahkan  dari  kehidupan  masyarakat.  dimulai dari jaman Nabi  Adam AS,

sebagai manusia yang pertama yang turun di muka bumi,   pertanian   telah diberikan   penekanan   sebagai satu    keperluan    yang membolehkan  kemandirian  manusia. Tani sebagai mata pencaharian kedua setelah pedagang. Masyarakat kampung Kadikaran memerlukan penyuluhan yang tepat dengan pendekatan pengetahuan yang luas, dengan harapan agar dalam menjalankan profesi dilakukan dengan senang hati, ikhlas dan selalu diniati dengan ibadah. Adapun tujuan dari PKM ini adalah memberdayakan Masyarakat untuk meningkatkan hasil pertanian dengan memanfaatkan teknologi untuk memperingan kerja tani sebagai usaha menaikkan hasil tani dan harga jual. Hal mendasar yang ditawarkan untuk ikut memecahkan masalah adalah melalui kegiatan pembinaan dan pendampingan masyarakat Kampung Kadikaran Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Metode yang akan digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melalui kegiatan Penyuluhan, diskusi dan simulasi secara offline. Metode pelaksanaan yaitu dengan melakukan penyuluhan, diskusi, simulasi. Hasil dari materi PKM adalah ada sekitar 70% Sangat setuju 80%, 7% Setuju dan 13% Cukup Setuju memahami materi yang disampaikan dan 37% memahami, Kemudian untuk instrument kuesioner kedua, ada sekitar 12% yang cukup setuju, 75% setuju dan 12% sangat setuju yang perpendapat bahwa Penyuluhan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan peserta PKM, artinya para responden bisa memahami dan mengimplementasikan materi guna memanfaatkan teknologi dalam Bertani sebagai usaha meningkatkan hasil tani sesuai dengan perspektif Islam

References

Abbas, A., & Suhaeti, R. N. (2016, July). Pemanfaatan teknologi pascapanen untuk pengembangan agroindustri perdesaan di Indonesia. In Forum Penelitian Agro Ekonomi (Vol. 34, No. 1, pp. 21-34).

Adhiguna, R. T., & Rejo, A. (2018, July). Teknologi Irigasi Tetes Dalam Mengoptimalkan Efisiensi Penggunaan Air di Lahan Pertanian. In Seminar Nasional Hari Air Sedunia (Vol. 1, No. 1, pp. 107-116).

Adhistian, P., Mairizal, M., & Dahniar, T. (2021). PENATAAN LINGKUNGAN DENGAN PENANAMAN POHON UNTUK MENCEGAH TERJADINYA LONGSOR DI DESA URUG, SUKAJAYA, BOGOR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)-Aphelion, 1(2), 169-176.

Anwarudin, O., Sumardjo, S., Satria, A., & Fatchiya, A. (2020). Proses dan pendekatan regenerasi petani melalui multistrategi di Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 39(2), 73-85.

Destryana, R. A., & Pramasari, I. F. (2021). Peningkatan Produktivitas Lengkuas Melalui Teknologi Tepat Guna Bagi Kelompok Tani Amanah Di Desa Matanair Jawa Timur. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 24-33..

Effendy, L., Billah, T., & Pratama, G. (2020). Preferensi petani dalam penggunaan teknologi jajar legowo pada padi sawah di Kecamatan Cikedung. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 347-360.

Erniati, E., Solahudin, M., Lulung, P., & Wardani, I. K. (2020). Aplikasi Metode Analisis Swot untuk Merumuskan Strategi Pemanfaatan Mekanisasi Pertanian di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, 8(2), 219-229.

Fatchiya, A., & Amanah, S. (2016). Penerapan inovasi teknologi pertanian dan hubungannya dengan ketahanan pangan rumah tangga petani. Jurnal Penyuluhan, 12(2), 190-197.

Kabeakan, N. T. M. B., Alqamari, M., & Yusuf, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Fermentasi Pakan Komplet Berbasis Hijauan Pakan Untuk Ternak Kambing. IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 196-203.

Harahap, A. R. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pemenuhan Informasi Bagi Rumah Tangga Usaha Pertanian Di Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 17(2), 230981.

Hernalius, L. A., Sumardjo, S., & Hamzah, H. (2018). Pengaruh Penyuluhan Pertanian terhadap Tingkat Produktivitas Padi Sawah. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 2(3), 279-288.

Sunartomo, A. F. (2016). Kapasitas penyuluh pertanian dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di Jawa Timur. Agriekonomika, 5(2), 125-136.

Wardani, M. B. M. R. E. (2019). Pengelolaan Dana Desa Di Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1), 63-70.

Downloads

Published

2022-12-31