Pemberdayaan Karang Taruna Untuk Meningkatkan Perekonomian Dengan Design Label Packaging Produk Makanan dalam Menaikkan Nilai Produk dan Harga Jual Di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor

Authors

  • Rini Alfatiyah Universitas Pamulang
  • Sofian Bastuti Universitas Pamulang
  • Wahyudin Wahyudin Universitas Pamulang

Abstract

Karang Taruna sebagai organisasi sosial wadah pengembangan generasi muda mempunyai posisi yang cukup strategis dan semakin diperlukan dalam menjawab permasalahan sosial yang salah satunya adalah masalah pengangguran. Peranan karang taruna Desa Ciampea Udik dewasa ini cederung mandul. Permasalahan kurangnya aktivitas yang produktif membuat eksistensi keberadaan karang taruna menjadi sekadar nama besar organisasi kepemudaan. Lemahnya kelembagaan pengurus karang taruna dalam mengoptimalkan potensi yang dimiliki anggotanya menjadi permasalahan yang paling menonjol di karang taruna. Hal ini diperparah dengan kurangnya daya tawar yang terkesan menjanjikan pada organisasi kepemudaan ini, sehingga generasi muda tidak bisa melihat pentingnya eksis dalam organisasi ini. Tujuan dari PKM ini adalah memberdayakan Karang Taruna untuk meningkatkan perekonomian dengan design packaging produk makanan dalam menaikkan nilai produk dan harga jual. Metode pelaksanaan yaitu dengan melakukan penyuluhan, diskusi, simulasi dan pemberian alat packaging. Hasil pemahaman dari peserta PKM mengenai materi yang diberikan adalah Sangat Paham 7 orang atau 14,6 %, Paham 15 orang atau 31,3 %, Kurang Paham 2 orang atau 4,2 %.

 

Kata kunci: Karang Taruna, Desain Kemasan, Produk

References

Adani, M. L. (2020). LKP: Perancangan Desain Label Kemasan Produk Kunir Asem Hj. Maimunah sebagai Upaya Meningkatkan Minat Konsumen (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Alfatiyah, R., Bastuti, S., & Mualif, M. M. (2021). Perancangan Alat Press Packaging Produk Kripik Singkong Dan Kripik Pisang Untuk Usaha Umkm Masyarakat Kampung Situ, Desa. Karyabuana, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01).

Alfatiyah, R., Bastuti, S., Candra, A., Trihandayani, E., & Mualif, M. (2020). Perancangan Produk Hand Sanitizer Untuk Mencegah Penyebaran Covid 19 Di Desa Kalitorong, Randudongkal, Pemalang, Jawa Tengah. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 303-311.

Bastuti, S., Alfatiyah, R., & Syahabuddin, A. (2021). Menciptakan Safety Culture Pada Lingkungan Rumah Tangga Di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Sukabumi, Jawa Barat. ADIBRATA Jurnal, 1(1).

Bastuti, S., Muryanto, H., Purwanto, Y., & Septiyanto, A. (2020). PEMANFAATAN SAMPAH UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN DAN KENYAMAN LINGKUNGAN DI PULAU UNTUNG JAWA, KEPULAUAN SERIBU. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Hadi, R., Wirawan, I. G. N., Wulandari, R., Ciptahadi, K. G. O., Kusuma, I. G. N. A., & Saryanti, I. G. A. D. (2021). Pemanfaatan Desain Label Kemasan sebagai Media Promosi Kastengel Buana Sari. Madaniya, 2(1), 29-35.

Khomariah, N. E. (2021). PELATIHAN DESAIN LABEL KEMASAN PADA PRODUK ANEKA PEYEK MERK “ONO†DI DESA PALEMWATU KECAMATAN MENGANTI, GRESIK. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 147-151.

Kristiana, N. (2018). Aplikasi Gestalt pada Desain Label Kemasan Produk Aqua. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(01), 1-13.

Primandari, P. N. (2021). Pelatihan Desain Label Packaging pada Produk Olahan Pisang di Desa Kebondalem, Kabupaten Jombang. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1).

Putra, R. P., & Iriananda, S. W. (2020). Inovasi Kemasan dan Pemasaran Digital Produk UMKM Tisya Herbal di Desa Mulyoarjo. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (Vol. 3, No. 1, pp. 1237-1244).

Rini, E. S., Arini, N. W. S., & Purnama, I. G. A. V. (2020). Mendesain Ulang Kemasan dan Label Produk Kopi Odah. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 99-106.

Rizqi, A. W., Jufriyanto, M., & Pusporini, P. (2021). Pelatihan Desain Kemasan Produk Asosiasi UMKM Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik (Studi Kasus: Produk Kerupuk). IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 1(1), 33-38.

Setyowati, L., Karmina, S., Sutrisno, A., Arizal, F. W., & Mabaroh, B. (2021). Pengembangan ‘gully’melalui pengadaan alat produksi, strategi pemasaran dan desain label kemasan untuk IRT susu olahan. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(2), 256-268.

Downloads

Published

2022-12-31