Sosialisasi dan Praktik Pembuatan TABULAMPOT Sebagai Upaya Pemberdayaan Lahan Terbatas Pada Warga Masyarakat Perumahan Benua Indah, Tangerang

Authors

  • Agus Nurrokhman Universitas Pamulang
  • Niera Feblidiyanti Universitas Pamulang
  • Wuguh Pitono Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak/Abstract

 

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah yang pertama dengan memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai pemanfaatan lahan terbatas dengan cara tabulampot, sedangkan yang kedua adalah untuk memberikan praktik pembuatan tabulampot bagi warga masyarakat Perumahan Benua Indah. Tabulampot merupakan singkatan dari tanaman buah dalam pot, dimana dalam pembuatannya tidak membutuhkan lahan yang luas karena ditanam dalam pot dan dapat menghasilkan buah tetapi tidak dalam jumlah banyak. Hampir semua tanaman buah dapat dibuat tabulampot tetapi ada beberapa buah yang sulit dibuahkan didalam pot yaitu jenis durian. Dengan adanya PKM ini diharapkan masyarakat Perumahan Benua Indah dapat memanfaatkan lahan terbatasnya untuk membuat Tabulampot sebagai media penghijauan diperumahan tersebut. Dari data persentase pemahaman audiens diperoleh data pemahaman audiens pada poin Pengertian Tabulampot dari 16 audiens diperoleh hasil semuanya sangat memahami. Dari poin Jenis Tabulampot hanya 1 orang yang kurang memahami dan 2 orang yang memahami, selebihnya sangat memahami. Poin Cara Pemilihan Bibit diperoleh hasil 10 orang yang sangat memahami, 5 orang memahami dan 1 orang kurang memahami. Sedangkan untuk poin Cara Penanaman diperoleh hasil 8 orang yang sangat memahami, 5 orang memahami dan 3 orang kurang memahami. Selanjutnya untuk poin yang terakhir yaitu Cara Perawatan diperoleh hasil 8 orang yang sangat memahami, 4 orang memahami dan 4 orang kurang memahami.

 

Kata kunci: Pemanfaatan Lahan Terbatas, Tabulampot

References

Ginting, N. M. (2019). ‘TABULAMPOT’TEKNIK BUDIDAYA USAHATANI JAMBU AIR MADU DELI HIJAU. Musamus Journal of Agribusiness, 1(2), 46-52.

Hidayati, N. (2021). TANAM BUAH DALAM POT (TABULAMPOT) SEBAGAI PENGUATAN EKONOMI DAN SOSIAL MASYARAKATDESA CALUK, DUSUN GUPIT, KECAMATAN SLAHUNG, PONOROGO. InEJ: Indonesian Engagement Journal, 2(1).

Nafi'ah, H. H., & Royani, M. (2018). Penyuluhan dan praktik pembuatan tabulampot di desa Cikandang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 238-243.

Rahmat, P. (2012). 21 Jenis Tabulampot Populer. AgroMedia.

Trubus, P. R. (1998). Kunci Membuahkan Tabulampot. Niaga Swadaya.

Wiguna, A. A., & Widyatami, L. E. (2016). Penerapan sistem tabulampot pada jenis tanaman mangga dan jeruk di kelurahan karangrejo kecamatan sumbersari kabupaten jember. Prosiding.

https://www.agronasa.com/apa-itu-tabulampot/

Downloads

Published

2022-12-31