Pelatihan Budidaya Ternak Jangkrik untuk Menunjang Peluang Usaha Mikro Kecil De Desa Cihuni Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangrang

Authors

  • Mr. Surasa Universitas Pamulang
  • Achmad Chaerul Muslim Universitas Pamulang
  • Mr Pujiman Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

Peluang usaha merupakan salah satu trobosan dalam rangka menuju kesejahtraan keluarga , oleh karena nya banyak inovasi bisnis bermunculan dengan metode yang berlainan, kadang menyesuaikan waktu dan kebutuhan masyarakat yang sedang berkembang, demikian itu merupakan tantangan tantangan baru bagi semua generasi baik generasi tua dan muda. Salah satu peluang yang sedang berkembang adalah maraknya peternak jangkrik karena semakin lama semakain banyak di buru konsumen, namun semkain berkembangnya peternak jangkrik tersebut ternyata ada kendala yang sering dihadapi yaitu dalam penetasan telur menjadi jangkrik karena tidak sedikit peternak yang gagal menetaskan telurnya sehingga produksi menjadi terhambat. Adapun manfaat pelatihan budidaya jangkrik ini adalah menambah pengetahuan bagi masyarakat  Desa Cihuni Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangrang sehingga jika akan mengembangkan usaha peternakan jangkrik dapat berhasil hinga sampai 95 persen, karena  resiko gagal panen dapat dihindari sehingga permintaan pasar tidak akan terhambat .

 

Kata Kunci: Budidaya jangkrik, Ketrampilan  ,Latihan

References

DAFTAR PUSTAKA

Adib, Muhammad. “Strategi Pengembangan Usaha Ternak Jangkrik (Gryllus) Di Kelurahan Bhakti Karya Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai,†Universitas Muhammadiyah Meda: Skripsi, Fakultas Pertanian. 2019 .

Erniwati, “Biologi Jangkrik (Orthoptera:Gryllindae) Budidaya Dan Perannya,†Fauna Indonesia Jurnal, Edisi 2 Vol. 11, 2012.

Buku Pedoman 1 Program Kreativitas Mahasiswa, Kementrian Pendidikan Dan Budaya Direktorat Belmawa 2021.

Buku Pedoman Kreativitas Mahasiswa, Direktorat Riset Dan Pengabdian Masyarakat Kementrian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi 2015.

Burhan, Imam. “Analisis Perancangan Sistem Informasi Budidaya Ikan Lele Berbasis Webâ€, Prociding KSMI, edisi 1 Vol. 1, 2013.

Christoper, Rio. Chodijah, Rosmiyati. Yunisvita. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pekerja Wanita Sebagai Ibu Rumah Tanggaâ€, Jurnal Ekonomi , Edisi 1 Vol.1, 2017, Palembang.

Fatwa Majelis Ulama Indonesia Tentang Makan dan Budidaya Cacing Dan Jangkrik.

Fitriyani, Sandra. Murni, Sandra. Warsono, Sandra. “Pemilihan lokasi Usaha dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Bersekala Mikro dan Kecil,†Jurnal Management Insight, edisi 1 vol. 13, 2015.

Muhammad A.S. Budidaya Jangkrik Cerdas (Modal Ringan dan Waktu Panen Singkat). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press. 2011.

Downloads

Published

2023-12-30