PEMBINAAN POSTURE KERJA YANG BAIK DALAM PENERAPAN AKTIVITAS SEHARI-HARI DI DESA CIHUNI

Authors

  • Syahreen Nurmutia Universitas Pamulang
  • Mr. Mairizal Universitas Pamulang
  • Irma Novianti Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak

 

Postur kerja yang baik memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan individu selama melakukan aktivitas sehari-hari. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pembinaan postur kerja yang baik di Desa Cihuni dengan fokus pada penerapan aktivitas sehari-hari. Metode penelitian melibatkan observasi langsung terhadap postur kerja masyarakat desa dan penyelidikan mengenai faktor-faktor ergonomis yang mempengaruhi postur kerja.. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Desa Cihuni cenderung kurang memperhatikan postur kerja yang baik selama melakukan aktivitas sehari-hari. Faktor-faktor seperti peralatan yang tidak ergonomis dan kurangnya kesadaran ergonomi dapat mempengaruhi postur kerja negatif. Berdasarkan temuan ini, program pembinaan postur kerja diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya postur kerja yang baik. Program pembinaan akan melibatkan penyuluhan, pelatihan, dan penyediaan peralatan kerja yang ergonomis. Pemerintah desa, lembaga kesehatan, dan komunitas lokal di Desa Cihuni diharapkan dapat bekerja sama dalam menerapkan langkah-langkah ini. Dengan melakukan pembinaan postur kerja yang baik, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi risiko cedera akibat postur kerja yang buruk. Pengabdian Kepada Masyarakat ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman lebih lanjut tentang pentingnya ergonomi dalam konteks aktivitas sehari-hari di lingkungan pedesaan.

Kata Kunci : Posture Kerja, MSDs, Ergonomi

References

DAFTAR PUSTAKA

HABakri, S., Sudiajeng Ergonomi untuk Keselamatan, L., & Kerja dan Produktivitas Ed, K. (n.d.). Perpustakaan Nasional: Katalog dalam terbitan (KDT) Tarwaka (Vol. 323).

Kusnadi, K., Pratiwi, R. I., & Barlian, A. A. (2021). Pemanfaatan Rosella dan Jahe dalam Pembuatan Produk Minuman Herbal (Roseja) untuk Meningkatkan Daya Imun di SMK Karya Bhakti Pada Massa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 89–95. https://doi.org/10.30999/jpkm.v11i2.1324

Nurmutia, S. (n.d.). JITSA Jurnal Industri&Teknologi Samawa ANALISIS POSTUR KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT ( RULA) PADA PEGAWAI BANK SAMPAH (Vol. 4, Issue 1).

Nurmutia, S. (2018). PERAN PERANCANGAN ALAT KERJA ERGONOMIS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DENGAN MENGGUNAKAN AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) (Vol. 1).

Nurmutia, S., Rusmalah, R., & Shobur, M. (n.d.). ERGONOMI INDUSTRI Penulis. www.unpam.ac.id

Nurmutia, S., Septianto, A., Kurnia, D., Pamulang Jl Surya Kencana No, U., & Selatan, T. (2021). PEMBINAAN POSTUR KERJA YANG BAIK UNTUK KARYAWAN BANK SAMPAH PERMATA BUNDA BUNDA KELURAHAN PAMULANG BARAT KECAMATAN PAMULANG KABUPATEN TANGERANG SELATAN PROVINSI BANTEN. 1.

Pada Pencantingan, A., Tulis, B., Sopir, D., & Kota, A. (n.d.). KOGNITIF ERGONOMI OLEH : JULIANUS HUTABARAT MALANG 2018.

Wollter Bergman, M., Berlin, C., Chafi, M. B., Falck, A. C., & Örtengren, R. (2021). Cognitive ergonomics of assembly work from a job demands–resources perspective: Three qualitative case studies. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(23). https://doi.org/10.3390/ijerph182312282

Downloads

Published

2023-12-30