Pemanfaatan YouTube Marketing Sebagai Sarana Pemasaran Produk UMKM Masyarakat Desa Tegal Bogor

Authors

  • Irma Novianti
  • Patria Adistian
  • Priyo Wibowo

Abstract

Abstrak

Tantangan yang dihadapi masyarakat Desa Tegal dalam memasarkan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yaitu keterbatasan akses pasar dan pengetahuan trkait strategi pemasaran digital. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memanfaatkan YouTube Marketing sebagai sarana pemasaran produk UMKM. Pelatihan diberikan kepada masyarakat desa tentang cara membuat konten video yang menarik, pengeditan, dan optimasi SEO YouTube. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa mayoritas peserta merasa puas dengan pelatihan yang diberikan, yang berdampak positif pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan pemasaran digital mereka. Program ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan daya saing UMKM Desa Tegal.

Kata kunci: YouTube Marketing, UMKM, pemasaran digital, pemberdayaan ekonomi

Author Biography

Priyo Wibowo

DAFTAR PUSTAKA

Adhistian, P., Wibowo, P., & Mairizal. (2022). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ( JPKM ) – Aphelion Dewan Redaksi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) – Aphelion, 3(1), 36–44.

BPS. (2021). Kecamatan Kemang Dalam Angka 2021. In Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor.

Duffett, R., Petroșanu, D.-M., Negricea, I.-C., & Edu, T. (2019). Effect of YouTube marketing communication on converting brand liking into preference among millennials regarding brands in general and sustainable offers in particular. Evidence from South Africa and Romania. Sustainability, 11(3), 604.

Helena, M. (2022). Pengaruh Efektivitas Iklan Youtube terhadap Brand Image. Tuturlogi: Journal of Southeast Asian Communication, 2(2), 123–140.

Maharani, N. (2015). Proses pengambilan keputusan pembelian konsumen terhadap produk iphone di bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 12(1), 59–75.

Mamahit, P. (2015). Pengaruh brand image, brand trust, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil toyota all new yaris pada pt. Hasjrat abadi manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5).

Putri, D. P. S., Bakti, P., Supono, I., Zulziar, M., & Wibowo, P. (2020). Optimalisasi Penjualan Online untuk Kelompok Usaha Konvensional di Kelurahan Bojong, Kecamatan Pondok Terong, Depok. Abdi Laksana, 1(3), 388–394.

Setiadi, N. J. (2008). Keputusan Pembelian. Jakarta: Kencana.

Siregar, A. M., & Aslami, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 21(2), 96–103.

Soliha, E., Fatmawati, N., Khasbunalloh (2017). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen sepeda motor matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1–20.

Suryani, T., MM, P., Nurhadi, M., Fauzi, A. A., & SS, M. M. (2020). E-marketing Bagi UKM: Strategi Periklanan, Website & Media Sosial. Jakad Media Publishing.

Wibowo, P., Adistian, P., & Maulana, A. (2021). Mendorong Memanfaatkan Internet Sehat Untuk Pemasaran Digital pada Pondok Pesantren Multimedia An-Nuqthah 2 Sukabumi. Aphelion, 2(1), 14–21.

Downloads

Published

2024-08-31