Strategi Pengembangan Jaringan Distribusi Produk UMKM Menuju Pasar Ritel Modern Melalui Pengabdian Masyarakat Desa Tegal, Bogor

Authors

  • Muhamad Shobur
  • Yanti Supriyanti
  • Nurselvi

Abstract

Abstrak

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan jaringan distribusi produk UMKM Desa Tegal menuju pasar ritel modern melalui serangkaian kegiatan pelatihan, pengembangan jaringan distribusi, optimalisasi logistik, serta monitoring dan evaluasi. Kegiatan dimulai dengan pelatihan dan peningkatan kapasitas pelaku UMKM dalam strategi distribusi, manajemen stok, pemasaran digital, dan negosiasi dengan ritel modern. Selanjutnya, dilakukan pemetaan jaringan distribusi dan kerjasama dengan ritel modern di kota-kota terdekat. Implementasi sistem manajemen stok dan adopsi teknologi informasi untuk distribusi secara real-time juga dilakukan untuk meningkatkan efisiensi logistik. Monitoring dan evaluasi berkala memastikan program berjalan sesuai rencana dan memungkinkan penyesuaian yang diperlukan berdasarkan umpan balik dari ritel dan konsumen. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan dalam kapasitas dan keterampilan pelaku UMKM, perluasan akses pasar, efisiensi logistik, dan kepuasan konsumen. Keberhasilan ini menegaskan pentingnya pelatihan, teknologi, dan kerjasama dalam mengembangkan jaringan distribusi yang efektif dan berkelanjutan

 

Kata Kunci: : UMKM; Jaringan distribusi; Pasar ritel modern; Optimalisasi logistik; Desa Tegal

Author Biography

Nurselvi

DAFTAR PUSTAKA

Badan Standardisasi Nasional (2020). "Peran Standarisasi dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM".

David, F.R. 2009. Manajemen Strategi Konsep (Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Depkop. Departemen Koperasi dan UKM. 2008. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta: Depkop.

Depkop. Departemen Koperasi dan UKM. 2013. Statistik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah UMKM) 2010-2011. Jakarta: Depkop.

European Commission (2018). "Supporting SMEs in Quality Improvement".

Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2020). "Operations Management: Sustainability and Supply Chain Management." Pearson.

Herry CW. 2014. Analisis Kepuasan Mitra dan Strategi Peningkatan Pelayanan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah [tesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Hubeis, M. 2012. Manajemen Ritel Kreatif dan Inovatif dalam Bisnis. Jakarta: Inti Prima Promosindo.

ISO (2015). "ISO 9001: Quality Management Systems - Requirements".

Kementerian Perindustrian (2020). "Studi Kasus Penerapan Standarisasi di UMKM". Pasar Ritel Moder carrefour (kasus PT Madani food, Jakarta).

 Jurnal Manajemen IKM, VOL 15 NO 1. Tim Universitas Pamulang. 2020. http://unpam.ac.id/visi-dan-misi

Downloads

Published

2024-08-30