Sosialisasi Pemanfaatan Social Media Marketing (SMM) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Hasil UMKM Desa Ranca Kalapa Panongan Kabupaten Tangerang
Abstract
Abstrak/Abstract
.
Universitas Pamulang melalui Program Studi Teknik Industri telah sukses melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi Social Media Marketing (SMM). Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan pelaku UMKM dalam era digital. Kegiatan sosialisasi SMM yang diselenggarakan di Desa Ranca Kalapa berhasil meningkatkan pengetahuan dan minat pelaku UMKM dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Melalui kegiatan ini, diharapkan pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan brand awareness, serta meningkatkan penjualan produk secara signifikan. Peserta antusias mengikuti materi yang disampaikan dan menunjukkan minat yang tinggi untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dalam mengembangkan bisnis mereka. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal melalui peningkatan penjualan produk UMKM.
Kata kunci: Desa Ranca Kalapa, UMKM, SMM, Sosial Media Marketing