Pemanfaatan Media Sosial Yang Efektif Dan Menguntungkan Untuk Penegmbangan Bisnis Keluarga Di Era Industri Modern 4.0

Authors

  • Heri Muryanto
  • Supriyono

Abstract

Abstrak/Abstract

Desa Mekarsari Kabupaten Tangerang Provinsi Banten merupakan daerah yang sudah modern dimana banyak masyarkatnya sudah hidup di era digitalisasi dan sudah setara dengan desa-desa yang sudah maju dan ingin meningkatkan tingkat perkembangan desa menjadi salah satu desa berkembang. Bisnis UMKM  merupakan usaha yang paling menarik untuk saat ini, mengingat masyarakat mudah membuat sebuah produk yang bisa dibeli secara langsung Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu masyarakat dan pelaku UMKM Desa Mekarsari dalam melakukan promosi penjualan online dan meningkatkan jangkauan pelanggan ideal terhadap digitalisasi UMKM agar bisa mengembangkan produk UMKM dengan mengoptimalkan penggunaan Social Media Marketing (SMM) berupa tata cara pembuatan akun Instagram bisnis. Metode yang akan digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melalui kegiatan Penyuluhan dan Penyadaran serta Simulasi Pelatihan. Hasil pengabdian kepada masyarakat yang diperoleh adalah masyarakat setempat mampu membuat akun bisnis pada media sosial mereka dengan lebih rapi, menarik dan lebih tertata dalam isi media sosial mereka, serta masyarakat desa tersebut juga teredukasi selain menarik dari sisi visual atau tampilan, namun mereka juga paham terkait teknis isi durasi konten video di media sosial dan mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk posting di media sosial.

 

Kata kunci: Digitalisasi, Media Sosial, Promosi

Downloads

Published

2024-12-23