Strategi Pemilihan Packaging Menarik Dan Ekonomis Produk Sabun Cuci Piring untuk Meningkatkan Kreativitas Usaha Kecil Warga Desa Panongan Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten

Authors

  • Agus Syahabuddin
  • Weni Wijatmoko Harjoprayitno
  • Wahyudin

Abstract

Abstrak

 

Banyaknya warga Perum Graha Mitra Citra Panongan yang berprofesi sebagai karyawan swasta yang sebagian diantaranya adalah sudah pensiun kerja, sehingga banyak diperlukan alternatif kegiatan yang bisa diaplikasikan untuk warga khususnya yang sudah pensiun adan ibu rumah tangga gar tetap bisa beraktivitas yang menghasilkan. Ketua RW Bp. Karmin berharap agar warga khususnya yang sudah pensiun agar tetap bisa beraktivitas yang menghasilkan. Untuk itu perlu adanya Industri Rumah Tangga yang merupakan salah satu wujud dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memproduksi barang-barang dan dilakukan dalam rumah serta berskala kecil. Sebagai produk dasar pembahasan digunakan Sabun Cuci Piring. Sabun Cuci Piring ini dapat menjadi alternatif produk unggulan dan peluang usaha masyarakat Graha Mitra Citra Panongan. Mampu memproduksi produk satu hal penting, sedangkan mampu menjual produk adalah hal penting lain yang perlu dikuasai. Dan untuk melengkapi kemampuan  menjual tersebut maka tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kami memberikan penyuluhan yang fokus Strategi Pemilihan Packaging Menarik Dan Ekonomis  Produk  Sabun Cuci Piring. Untuk menarik konsumen agar produk yang ditawarkan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, maka perlu strategi dalam pengembangannya, seperti penentuan logo dan moto, menciptakan merek, menciptakan kemasan dan label. Maka sebagai salah satu faktor pendukung pemasaran deterjen cair tersebut diperlukan pemilihan desain kemasan (packaging) yang menarik dan ekonomis sebagai identitas produk agar dapat menarik minat beli konsumen.

 

Kata Kunci: Pengabdian Masyarakat, Industri Rumah Tangga, Desain Kemasan

Downloads

Published

2024-12-23