IMPLEMENTASI PROGRAM BELAJAR DI LUAR KAMPUS, MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Susan Fitriasari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  • Dasim Budimansyah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  • Nisrina Nurul Insani Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  • Sarah Raudatul Aulia Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis megenai upaya implementasi yang dapat dilakukan oleh universitas, dosen pendidikan kewarganegaraan serta mahasiswa pendidikan kewarganegaraan dalam mendukung program belajar di luar kampus dalam Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka . Subjek penelitian ialah mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Proses penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed design), sedangkan metode yang digunakan ialah metode penelitian survei dan deskriptif. Upaya yang dapat dilakukan universitas untuk mendukung kebijakan ialah berupa upaya administratif, sosialisasi secara mendalam dan sistematis, peningkatan kompetensi dosen, pemberian bantuan finansial dan upaya lainnya. Kemudian, upaya yang dapat dilakukan oleh dosen Pendidikan Kewarganegaraan ialah melakukan serangkaian kegiatan bimbingan dan pendampingan, peningkatan berbagai kompetensi, serta internalisasi aspek-aspek dalam ruang lingkup pendidikan kewarganegaraan dalam menjalankan program. Lalu,  adapun upaya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan diantaranya menggali informasi, mengenali minat dan bakat, berperan aktif dalam program serta mengimplementasikan nilai-nilai kewarganegaraan dalam pilihan program yang ia pilih.

 

Kata kunci : Program Belajar di Luar Kampus, Kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Pendidikan Kewarganegaraan

References

Damri dan Fauzi Eka Putra. (2020).

Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Kencana

Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI

KBBI, (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diakses pada 17 Juli

dari http://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/sosi alisasi.

Neolaka, Amos dan Grace Amialia A. Neolaka. 2015. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup: Edisi Pertama. Depok: Kencana

Leuwol, Natasya Virginia dkk. 2020. Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi: Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan. Yayasan Kita Mandiri

Rahayu, Minto. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Grasindo

Sekretariat GTK. (2020). Merdeka Belajar. Diakses pada 19 Juli 2020 dari https://gtk.kemdikbud.go.id/read- news/merdeka-belajar.

Sirait, S. C. (2017). Tanggung Jawab Pemerintah Untuk Memberikan Pendidikan Kepada Anak Terlantar Dalam Perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak. DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 158-182.

Soemantri, Nu'man. (2001). Metode Mengajar Civics. Jakarta: Erlangga.

Sutiah. (2020). Optimalisasi Fuzzy Topsis (Kiat Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Fitriasari, S., Budimansyah, D., Insani, N. N., & Aulia, S. R. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM BELAJAR DI LUAR KAMPUS, MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Generasi Pancasila, 1. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/gnp/article/view/11252