IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN di ERA PANDEMI

Authors

  • Ichwani Siti Utami Universitas Pamulang

Abstract

Artikel ini mencoba menjelaskan kondisi pendidikan di Indonesia hari ini yang sedang mengalami tantangan zaman akibat pandemi Covid-19, mulai dari guru, peserta didik, pemerintah hingga orang tua mau tidak mau mesti beradaptasi menjalani model Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Pada praktiknya PJJ mengalami banyak kendala dan permasalahan yang mesti ditanggulangi. Karenanya artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan ide dari penguatan kapasitas SDM model PJJ dan internalisasi nilai-nilai Pancasila ke dalamnya sebagai perpanduan untuk menjawab permasalahan pendidikan hari ini dan guna menjaga komitmen dari cita-cita dan amanat luhur bangsa Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Penulis menggunakan metode kajian pustaka yang datanya berupa literatur. Diperlukan strategi, kreativitas dan inovasi dalam menggunakan perangkat teknologi pendidikan agar model PJJ dapat berjalan efektif, berkualitas dan bermakna.


Kata Kunci : Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), Strategi, Pancasila, Teknologi Pendidikan, Pandemi.


 

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional,. Jakarta: Depdiknas.

Fadilah, N. (2019). Tantangan Penguatan Ideologi Pancasila dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Digital Education, Communication, and Arts, Vol 2 , 66-78.

Kearsley, M. M. (2005). Distance Education: A Systems View. Second Edition. USA: Thomson Wadsworth.

Moleong, L. (2000). Metode Penelitian Kualitatif,. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: CV. Alfabeta.

Notonagoro. (1974). Pancasila dasar filsafat negara Republik Indonesia : kumpulantiga uraian pokok-pokok persoalan tentang Pancasila. Jakarta: Pantjuran Tudjuh.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian, . jakarta: Pustaka.

Surajiyo. (2017). Pancasila Sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu dan Teknologi di Indonesia. Journa Universitas Indraprasta PGRI, 123-144.

Syaharuddin. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era. 1-10.

Utami, I. S. (2020, Apri). Corona dan Manifestasi Budaya Belajar. Tangerang Selatan, Banten, Indonesia.

Yamin, M. (2009). Menggugat Pendidikan Indonesia, Belajar Dari Paulo Freire Dan Ki Hajar Dewantara. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2021-06-23