METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TK4MK ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Herdi Wisman Jaya Universitas Pamulang

Abstract

Dari penelitian bertujuan ini dilakukan yaitu agar dapat melihat dan mengetahui perbedaan dari hasil belajar melalui metode kooperatif tipe STAD dengan metode diskusi  pada mata pelajaran  PPKn siswa-siswi di SMPN 21 Kota Tangerang Selatan terhdapap hasil Belajar mereka khususnya kelas 7. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik pada SMP Negeri 21 Tangerang Selatan Dalam mengambil sebuah populasi terjangkau penelitian ini dilakukan di seluruh siswa kelas 7 kemudian diambil contoh 64 siswa dari hasil pretest. Setelah itu dibagi 2 kelompok ya itu ada di kelas 7.1 sebagai kelas kontrol dan 7.2 kelas eksperimen. Kemudian penelitian ini juga mengkaji variabel hasil belajar kemudian pelajaran PPKN dan dan belajar dengan menggunakan start yang dilakukan pada penelitian ini. ntuk memenuhi syarat instrumen yang baik maka dalam penelitian ini pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran. Sedangkan untuk uji persyaratan analisis dalam penelitian adalah uji normalitas dan uji homogenitas dan selanjutnya pengujian hipotesis dengan uji t. Dan berdasarkan hasil penelitian pada uji normalitas dengan metode Liliefors baik untuk metode STAD (kelas eksperimen) normal karena nilai Lhitung lebih kecil dari nilai Ltabel. Hal ini diketahui dengan nilai untuk kelas eksperimen sebesar nilai Lhitung –0,167 < Ltabel 0,157 dan nilai untuk kelas kontrol sebesar maupun untuk metode diskusi (kelas kontrol) menunjukkan data berdistribusi nilai Lhitung –0,00 < Ltabel 0,157 dan ini berarti yang menjadi sampel penelitian ini yaitu yang berasal dari poulasi yang sifatnya berdistribusi normal. Sementara untuk uji homogenitas dengan metode Bartlett juga menunjukkan gabungan data kedua kelompok memilki varian yang sama atau homogen. Hal ini diketahui dengan nilai X2hitung lebih kecil dari nilai X2tabel yakni X2hitung = 3,02 < X2tabel = 3,84. Dan untuk uji hipotesis atau uji signifikansi dalam penelitian ini dengan menggunakan uji t dapat diketahui bahwa distribusi probabilitas sampling dan kriteria pengujiannya menunjukkan thitung lebih besar daripada ttabel yakni thitung 11,034 > ttabel 1,999 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, artinya bahwa hasil belajar  peserta didikmelalui metode STAD terdapat peningkatan dibandingkan dengan metode diskusi dalam pembelajaran PPKn

 

Kata Kunci :Diskusi, Hasil Belajar dan Metode Belajar STAD

References

Abdurahma M.1997.Mengelola Peserta Didik Berkesulitan Belajar, Jakarta:Depdikbud.

Anderson ,Belajar dan pembelajaran, Ar-Ru Media,Jakarta:2001.

Arief Ahmad, Implementasi Model Cooperative Learning Dalani PenhlL’la/ul anII’S (Google:hup:/RVWW.dunia guru.coinindexphp?optioncomcatitcnt&task view&id367&jtenni d-26 08.Mart 2007 BMPM, Panduan Evaluasi Hasil Belajar, (Jakarta:depag,2005) hal.88.

Darsono, 2000, Cooperative Learning, Jakarta, Bina Nusa.

Dasim Budimansvah & kanrn Sut di, Pendidikan kewarganegaraan dan masarakat Kultural Bandung Program Studi PKn.2008.

Hamalik-Oemar, 2006, “Proses Belajar Mengajar, Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Hasibuan Malayu, “Proses Belajar Mengajar†2006.

Syaodih, 2007, “Metodologi Pendidikan, Bandung, Rosdakrya.

Nurhadi, dkk, 2004, “Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang; UM Pres.Made [10] Wena,S trategi Pembelajaran Inovatif. Kontemporer,(Jakarta; Bumi Aksara,2009) cet.2.

Maidiyah, 1998, “Metode Mengajar†Jakarta, Gramedia.

Sardiman, “Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2012.

Soewarso, 1998, “Menggunakan Strategi Komperatif Learning di dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Edukasi.

Sudjana, 2010, “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajarâ€,.

Setianingsih, Hesti.2007. Keefektifan pembelajaran tipe STAD.Hal 12

Slavin,Robert E.(2005).Cooperative Learning: theory,resear and practice (N.Yusron. Terjemahan).London: Allymand Bacon. Bukuasli di terbitkan tahun 2005.

Soedijatro, Kurikulum dan Pembelajaran ,(Bumia ksara, Jakarta:1984) hal 20.

Sugiyono, 2009, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif

dan R & D, Bandung, Alfa Beta.

Wahid Murni dkk, 2010, “Evaluasi Pembelajaran; Kompetensi dan Praktik, Jogyakarta, NuhaLetera.

Eggendan Kauchak,(1998:305). Dalam Hobridan Susanto.’’Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Model Group Investigation untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III SLTPN 8 Jember Tentang Volume Tabung’’.Jurnal pendidikan dasar,vol.7,no.2, 2006:74-83. Tersedia http://www.google.co.id.Diaksest tanggal 10 Maret 2021

Downloads

Published

2021-06-23