HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Siti Mutia Arofah Alumni Prodi PPKn Universitas Pamulang
  • Yulita Pujilestari Universitas Pamulang

Abstract

Saat ini, pengetahuan mengenai lingkungan sangat diperlukan, guru merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan pada peserta didik. Korelasi dipilih peneliti sebagai metode yang akan digunakan pada penelitian ini dengan jumlah populasi target sebanyak 177 peserta didik dan pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 123 peserta didik. Instrument pada penelitian ini ialah instrument tes mengenai pengetahuan lingkungan dan instrument angket untuk sikap peduli lingkungan. Pada saat hipotesa diuji didaptkan hasil dari Uji signifikansi Fhitung = 29,20>Ftabel = 0,18, hasil Uji-t thitung = 192,19> ttabel = 0,19, Uji Koefisien Korelasi rxy = 1,28 > rtabel = 1,18, dan Pengujian koefisiensi determinasi menyumbangkan kontribusi sebesar 94%. Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan pada peserta didik di SMA Alfa Sanah. Setiap guru tentunya harus terus semangat mentransfer pengetahuan mengenai lingkungan serta memberikan contoh nyata Mengenai cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah sehingga peserta didik dapat melaksanakan dan menerapkan sikap peduli lingkungan dalam kehidupan sehari hari.

 

Kata Kunci: Pengatahuan Lingkungan, Sikap Peduli.

References

Efendi, Nofriza., Baskara, R Surya., dan Fitria, Yanti. 2019. “Karakter Peduli Lingkungan di SD 13 Lolong Belanti Padang†Pendidikan Ilmu Sosial (Jurnal Online). Vol.29 No.2.

Jufri., Fua, J La., dan Nurlila, R Umi. 2018. “Pendidikan Dasar di Negeri 1 Baruga Kota Kendari†Al-Ta’dib (Jurnal Online). Vol.11 No.2.

Minarti, I Budi., Roshayanti, Fenny., dan Wicaksono, A Ghofar Candra. 2017. Proceeding. Hubungan Antara Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli terhadap Lingkungan Pada Siswa Di SMA Semarang. 26 Oktober 2017.

Ruminta, Maman., dkk. 2019. Pendidikan Lingkungan Hidup. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Sari, Indah. 2019. “Students’ Attitudes towards the Concept of English Mastery for the 4.0 Industrial Revolution Era†International Journal of Research and Review (Jurnal Online). Vol. 6 Issue.

Downloads

Published

2021-06-23