KONTROL SOSIAL ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN SMARTPHONE DIKALANGAN REMAJA

Authors

  • Djoko Sumanto Universitas Pamulang
  • Desi Nuraeni

Abstract

Kontrol sosial orang tua sangat penting dalam penggunaan smartphone dikalangan remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana kontrol sosial yang dilakukan oleh orang tua dalam penggunaan smartphone dikalangan remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, tipe penelitian ini menggunakan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Responden yang diwawancarai adalah orang tua dan remaja di kampung cilejet. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode miles dan huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa smartphone oleh remaja dimanfaatkan untuk komunikasi, mencari informasi dan media pembelajaran, remaja sangat gemar membuka media sosial dan permainan sebagai hiburan, namun remaja masih belum maksimal menggunakan smartphone secara bijak. Kontrol sosial yang dilakukan oleh orang tua dalam penggunaan smartphone dikalangan remaja berupa pengawasan, pencegahan, pemberian bimbingan dan pengkondisian.


Kata Kunci: Kontrol Sosial, Orang Tua, Smartphone, Remaja.


References

Afifuddin dan Ahmad, S Beni. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, 1996. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Badcock, R Cristopher. 2008. Levi Strauss Strukturalisme dan Teori Sosiologi Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bogdon. dan Taylor. 1975. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta : Rineka Cipta.

Mardalis. 1995. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Rumini, Sri. dan Sundari, S. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Siagian, Amrizal. 2013. Pengantar Studi Kriminologi. Banten : UIN JAKARTA PRESS.

Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sunarto, Kamanto. 2004. Pengantar Sosiologi Edisi Revisi. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Rajagrapindo Persada.

Sumber Undang – Undang

Undang – undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang – undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 1 ayat 3.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak pasal 1 ayat 4.

Sumber Jurnal

Handayani, N L Kusuma. 2016 “Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Penggunaan SmartPhone pada Studi Kasus pada Keluarga Pedagang di Desa Petarukan Kabupaten Pemalangâ€. Skripsi. Yogyakarta : UNNES.

Jayanti, A Dwi. 2014. “Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Dampak Permainan Playstation pada Anak Usia Sekolah di Dusun Nglawasun, Desa Tamanggung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelangâ€. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Juniver V Mokalu, dkk. 2016. “Dampak Teknologi Smartphone Terhadap Perilaku Orang Tuadi Desa Touure Kecamatan Tompaso†e-journal Acta Diurna. Volume 5. No.1. hal. 2.

Maryani, Lily. 2019. “Implementasi Pendidikan Politik pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengembangkan sikap Demokrasi Peserta Didik†Skripsi. Tanggerang Selatan : Universitas Pamulang.

Muflih, dkk. 2017. “Penggunaan smartphone dan interaksi sosial pada remaja di sma negeri 1 kelasan sleman yogyakarta†dalam Jurnal Idea Nursing Journal. Vol. VIII No.1. hal. 13. Yogyakarta.

Nur, M Zainuddin. 2019. “Kontrol Sosial Orangtua Terhadap Penggunaan Smartphone Pada Remaja Studi Desa Giring-giring, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowaâ€. Skripsi. Makasar : UNM.

Sumber Internet

Rahmayani, Indah. 2015 “Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asiaâ€. Diakses dari : https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media

Subyanto, Wahyu. 2019 “Survey western digital 90% orang indonesia memakai hp untuk memotret daripada menelpon atau chatting†(https://nextren.grid.id/read/011779174/survei-western-digital-90-orang-indonesia-lebih-sering-pakai-hape-untuk-memotret-daripada-menelepon-atau-chatting?page=all, Diakses pada 20 Oktober 2019.

Zakaria, Indra. 2016. “Miris, 20 persen anak di Asia Tenggara lebih doyan main smartphone†(https://www.techno.id/tech-news/miris-20-persen-anak-di-asia-tenggara-lebih-doyan-main-smartphone-160114h.html,

Downloads

Published

2021-06-23