PENGARUH TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK

Authors

  • Tajudin Tajudin Universitas Pamulang
  • Heni Yuliani

Abstract

Tata tertib sekolah merupakan peraturan yang dibuat oleh sekolah dan dilaksanakan oleh peserta didik agar dapat menunjang suatu sikap kedisiplinan dalam mentaati peraturan yang berlaku disekolah. Pelanggaran yang dilakukan mampu merusak suasana kondusif sekolah dan mempengaruhi keefesienan tata tertib yang menjadi sebuah aturan disekolah.  Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh tata tertib sekolah terhdap kedisiplinan peserta didik kelas X, XI dan XII di SMA IT AL HUSAINY yang beralamat di Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan, Banten Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bersifat Kuantitatif dengan metode korelasi yaitu hubungan dengan menganalisis teknik statistik dengan mencari dua hubungan variabel sehingga terjadi hubungan sebab dan akibat yang terdapat pada variabel dengan menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu SMA IT AL HUSAINY yang berjumlah 63 peserta didik yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII. Dalam penelitian ini menggunakan uji coba instrumen yang terdiri dari uji validitas dan realibilitas yang menunjukan hasil rhitung > rtabel dinyatakan valid. Uji linearitas regresi dapat menunjukan signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai yang berarti pengaruh tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan peserta didik berpola linear dan hasil uji koefesien korelasi sebesar 0,85 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara pengaruh tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA IT Al Husainy. Berdasarkan uji t hitung diperoleh thitung 12,58 > ttabel 1,669 artinya terdapat pengaruh tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA IT Al Husainy serta memiliki koefesien determinasi sebesar 72,4 % memberikan konstribusi terhadap kedisiplinan, sisanya sebesar 27,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Kata Kunci: Tata Tertib Sekolah, Kedisiplinan, Analisis


References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2015. Pengelolaan Budaya dan iklim sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Nawawi, Hadari. 1986. Administrasi sekolah. Jakarta: Ghali Indoneisa tahun 1986.

Rachman, Maman. 1999. Manajemen Kelas. Jakarta: Depdiknas Proyek pendidikan Guru SD.

Sugiyono, 2008. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, Kualitatif. R & D Bandung: Alfabeta.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran displin pada

perilaku dan peran siswa Jakarta: Grasindo

Widyaningrum, Retno. 2015. Statistika Yogyakarta: Pustaka Felicha.

Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. 2014. Pengaruh kedisiplinan siswa di sekolah terhadap prestasi belajar siswa teknik pendingin. Journal Of Mechanical Engineering Education , 1(2).

Chulsum, U. 2017. Pengaruh lingkungan keluarga, kedisiplinan siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 7 Surabaya . Jurnal ekonomi pendidikan dan kewirausahaan, 5(1).

Underwood-Proplemand-Processes-Discpline-dalam http://kajiankedisplinanbogspot.com/2013/12faktor-yang-mempengaruhi-kedisplinan-siswa

Downloads

Published

2021-06-23