PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILU KEPALA DESA

Authors

  • Trisha Restu Swastika
  • Ichwani Siti Utami Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian kali ini mengenai perpolitikan di Indonesia yang sedang marak diperbincangkan, puncaknya pada pemilu pilpres dan pileg. Hal ini membuat meningkatnya angka hoax di Media Sosial pra dan pasca pemilu. Serta adanya seruan golput di salah satu platform Media Sosial. Selain itu hasil dari pemilu juga menunjukan rendahnya partisipasi politik masyarakat dilihat dari suara tidak sah dalam pilpres dan pileg. Pemilu atau pemilihan umum sendiri adalah sebuah bukti nyata dari sistem pemerintahan di Indonesia yaitu demokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh dari Media Sosial terhadap Partisipasi Politik masyarakat dalam konteks pemilu kepala desa serta bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh media sosial dalam pelaksanaan pemilu kepala desa dengan metode survey dan instrumen penelitiannya berupa angket pernyataan sejumlah 80 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua variabel ini berdistribusi normal serta adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara media sosial terhadap partisipasi politik.

 

Kata-kata kunci : Media Sosial, Partisipasi Politik, Pemilu.

 

References

https://pemilu 2019. kpu.go.id/#/dprri/hitung-suara/,

https://www.kominfo.go.id/content/detail/17027/menkominfo-771-berita-hoax hingga-februari-2019-terbanyak-adalah-kabar-hoaks-politik/0/sorotan_media

https://twitter.com/saya golput2019

Kementerian Perdagangan. 2014. Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan RI. Jakarta: Pusat Hubungan Masyarakat.

Surati dan Ichwani. . â€Pengaruh Persepsi Peserta DIdik mengenai Media Sosial terhadap Sikap Toleransiâ€. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan(Jurnal Online). Vol. 5 No. 1 Hal.85-96

Budiardjo, Miriam. 2015. Dasar-Dasar Ilmu Politik edisi revisi. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Anggara, Sahaya. 2013. Sistem Politik Indonesia. Bandung:Pustaka Setia.

Gundandjar, Agun. 2019. Pemilu Damai Berintegritas dan Menyejahterakan. Jakarta:RMBOOKS.

Alinurdin. â€Etika Penggunaan Internet (Digital Etiquette) di Lingkungan Mahasiswaâ€. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (Jurnal Online). Vol.6 No.2 Hal 123-14.

Downloads

Published

2021-06-23