KEWARGANEGARAAN GLOBAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Authors

  • Darto Wahidin Universitas Pamulang
  • Saepudin Karta Sasmita Universitas Pamulang
  • Setiawati Universitas Pamulang

Keywords:

Kewarganegaraan Global, Pendidikan, Pembangunan keberlanjutan.

Abstract

Kewarganegaraan global menjadi salah satu hal penting dalam pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan bangsa pada era digitalisasi. Kewarganegaraan global telah menjadi sebuah karakter dalam ranah global yang nantinya akan mendorong pembangunan keberlanjutan bagi suatu bangsa. Dengan begitu, kewarganegaraan global ini memegang peranan penting dalam ranah dunia pendidikan. Tujuan artikel ini untuk mengetahui konsep kewarganegaraan global dalam perspektif pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, peran kewarganegaraan global dalam pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, dan implementasi kewarganegaraan global dalam ranah pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengacu pada desain deskriptif dengan memanfaatkan studi literatur ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini mengacu pada jurnal-jurnal ilmiah baik jurnal internasional maupun nasional, buku-buku yang terkait, serta sumber data pendukung dari internet yang terpercaya. Pada dasarnya konsep kewarganegaraan global bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, sikap, serta nilai-nilai kepada generasi muda agar dapat membentuk masa depan yang berkelanjutan dan adil. Sebagai generasi muda tentu saja harus menyadari perannya untuk kemanusiaan dan keterhubungan seluruh manusia, tanpa memandang kebangsaan, budaya, serta agamanya. Bahkan harus adanya upaya bersama untuk menciptakan dunia yang jauh lebih adil, berkelanjutan, serta damai. Di sinilah kemudian, implementasi kewarganegaraan global dapat membantu generasi muda untuk mengembangkan kompetensi inti serta terlibat aktif dalam dunia. Dengan begitu, dunia dapat menjadi tempat yang lebih adil dan berkelanjutan.

 

References

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Anggara, J., Nurwahidin, & Muttaqin, M. I. (2024). Ekosufisme Sebagai Prinsip Kewarganegaraan Global Dalam Menghadapi Perubahan Iklim. Al-Masbsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 18(2), 203–216. https://doi.org/10.56997/almabsutjurnalstudiislamdansosial.v18i2.1514

Badan Pusat Statistik. (2016). Potret awal tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) di Indonesia. In Katalog BPS. https://filantropi.or.id/pubs/uploads/files/3 BPS Potret Awal TPB di Indonesia.pdf

Cahyani, F. A. (2020). Upaya Peningkatan Daya Dukung Lingkungan Melalui Penerapan Prinsip Sustainable Development Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Indonesian State Law Review (ISLRev), 2(2), 168–179. https://doi.org/10.15294/islrev.v2i2.38472

Chastanti, I., Layyinnati, I., Srimulat, F. E., Fiqri, C. I., Syafriyeti, R., Afriani, D. T., Ernawati, E., Jannah, N., Rimayasi, Herlandy, P. B., Aba, M. M., Harahap, R. R., Wahyuningsih, Rajiman, W., & Sitaresmi, P. D. W. (2017). Inovasi Pembelajarana dan Pendidikan Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Cotton, D. R. E., Morrison, D., Magne, P., Payne, S., & Heffernan, T. (2019). Global citizenship education and Hong Kong’s secondary school curriculum guidelines: From learning about rights and understanding responsibility to challenging inequality. Asian Education and Development Studies, 4(2), 221–247.

Damayanti, A. M., Daryono, & Rayanto, Y. H. (2023). Evaluasi Pembelajaran (1st ed., Vol. 16, Issue 1). CV Basya Media Utama.

Ester, T., Tyananda, B. A., & Prayoga, R. D. (2024). Dinamika Identitas Kewarganegaraan Dalam Konteks Globalisasi : Studi Kasus Di Era Digital. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 2(3), 245–261.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Faizah, A. N., & Nugraheni, N. (2024). Pendidikan Berkelanjutan Berbasis Konservasi dan Teknologi Sebagai Aksi Nyata Dalam Mewujudkan SDGs. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 73–80.

Gough, A. (2018). Sustainable Development and Global Citizenship Education: Challenging Imperatives. The Palgrave Handbook of Global Citizenship and Education, March, 295–314.

Hariyadi, S., & Saleh, M. (2022). Membangun Kecakapan Literasi Digital Citizenship Melalui Model Information Comunication Technology (ICT) Learning. JPK : Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 1–8. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/index

Irayanti, I., & Komalasari, K. (2023). Membangun Etika Kewarganegaraan Global Melalui Karakter Moral Pancasila: Analisis Konseptual. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 13(1), 21. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v13i1.15945

Iswanda, M. L., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi dalam Mencegah Degradasi Moral. Jurnal Pendidikan Tambusai, 03(03), 34–40. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1126

Khaedir, M., & Wahab, A. (2023). Fungsi pendidikan multikulturalisme dalam menumbuhkan warga global. Pelita: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah.

Khoerudin, M., & Sassi, K. (2024). Potret Ekstensif Tujuan Global Citizenship Education (Gce) Di Norwegia. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 216–236.

Komisi Nasional UNESCO Indonesia. (2014). Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan: implementasi dan kisah sukses. Jakarta: UNESCO Indonesia.

Laksana, D. N. . (2018). Pendidikan Berkualitas dan Berkelanjutan di Era Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 2–5. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/27/28

Mahpudz, A. (2023). Developing Global Citizenship Education Materials and Values in the Indonesian School Curriculum. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-096-1_76

Mashadi, S. (2024). No TitleMembangun Pola Pikir Kewarganegaraan Global melalui Pendidikan. Universitas Alma Ata: The Globe Inspiring University. https://almaata.ac.id/pola-pikir-kewarganegaraan-global-melalui-pendidikan/

Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UIP.

Misco, T. (2018). Moralty. The Palgrave Handbook of Global Citizenship and Education, March, 363–376. https://doi.org/10.1057/978-1-137-59733-5

Mulyani, H., Komalasari, K., Permatasari, M., Bribin, M. L., & Suriaman, S. (2024). Transformasi Pendidikan Kewarganegaraan Global di Era Abad 21: Analisis Implementasi dan Tantangan. Jurnal Kewarganegaraan, 21(1), 88. https://doi.org/10.24114/jk.v21i1.55115

Murdiono, M. (2014). Pendidikan kewarganegaraan untuk membangun wawasan global warga negara muda. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3).

Nurdiansyah, E., & Komalasari, K. (2023). Membentuk Kewarganegaraan Ekologis melalui Pendidikan Lingkungan berbasis Kegiatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 24(01), 42–49. https://doi.org/10.21009/plpb.v24i01.31844

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183

Nurhuda, H. (n.d.). Masalah-Masalah Pendidikan Nasional; Faktor- Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 127–137.

Pathak-Shelat, M. (2018). Social Media and Youth: Implications for Global Citizenship Education. The Palgrave Handbook of Global Citizenship and Education, January 2018, 1–658. https://doi.org/10.1057/978-1-137-59733-5

Pike, G., & Sillem, M. (2018). Study abroad and global citizenship: Paradoxes and possibilities. The Palgrave Handbook of Global Citizenship and Education, 573–588.

Santoso, G. (2023). Kajian Global Citizen, Pengungsian, dan Pelanggaran HAM di Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 01(01), 1–5.

Sari, S. C. W., Samsuri, S., & Wahidin, D. (2020). Penguatan Kewarganegaraan Ekologis Untuk Mewujudkan Ketahanan Lingkungan (Studi di Kampung Gambiran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(1), 40. https://doi.org/10.22146/jkn.53816

SDGs Center Universitas Diponegoro (SDGs Center UNDIP). (2020). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Peta Jalan Pemda untuk Bangkit dan Atasi Pandemi (D. B. I. Tjandradewi, R. D. Nydia, I. W. Surataruna, A. D. Sari, & R. I. Putri (eds.); Issue 8). Sekretariat UCLG ASPAC. www.uclg-aspac.org

Siregar, I., Anwar, K., & Munte, R. S. (2024). Isu-Isu Global Pemagangan Life Skill World Class. 7, 12887–12895

Suncaka, E. (2023). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Manajement Dan Pendidikan, 02(03), 36–49. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal

Sutopo, A., Arthati, D. F., & Rahmi, U. A. (2014). Kajian Indikator Sustainable Development Goals (SDGs ). In Badan Pusat Statistik. Badan Pusat Statistik.

Sutrisno. (2018). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Warga Negara Global. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6, 41–51. http://e-journal.unipms.ac.id/index.php/citizenship

UNESCO. (2015). Global citizenship education: Topic and learning objectives. UNESCO.

UNESCO. (2023). Education for sustainable development and global citizenship: Empowering learners for the future.

Usmi, R. (2023). Analisis Kewarganegaraan Global dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan. Journal of Civics and Moral Studies, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.26740/jcms.v8n1.p1-9

Usmi, R., & Samsuri. (2022). Urgensi pendidikan kewarganegaraan global dalam kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 149–160.

Vioreza, N., Hilyati, W., & Lasminingsih, M. (2023). Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi Dan Peluang Penerapannya Pada Kurikulum Merdeka? EUREKA: Journal of Educational Research and Practice, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.56773/eureka.v1i1.

Wulandari, A., Alfiani, F., & Saputra, T. (2024). Pentingnya Mengintegrasikan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Sekolah Melalui Perspektif Global. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.511

Yunita, S., Purba, N. A. S., Dilla Nst, F. S., Sitepu, A. P., & Silaban, J. (2024). Kewarganegaraan di Era Globalisasi: Tantangan dan Prospek Masa Depan. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(2), 1016–1023. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i2.2471

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Darto Wahidin, Saepudin Karta Sasmita, & Setiawati. (2024). KEWARGANEGARAAN GLOBAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. Generasi Pancasila, 4, 10–24. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/gnp/article/view/46344