STRATEGI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN GLOBAL DALAM MENDUKUNG KEMANDIRIAN LOKAL
Keywords:
Strategi,Pendidikan Kewarganegaraan Global,Kemandirian LokalAbstract
Penelitian ini membahas stategi Pendidikan Kewarganegaraan Global dalam mendukung kemandirian local. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pentingnya Pendidikan kewarganegaran global dalam mendudkung kemandirian lokal dalam mempersiapkan individu menghadapi tantangan global, serta untuk mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi dalam implementasi Pendidikan kewarganegaraan global. Metode penelitian yang digunakan meliputi tinjauan literatur dari berbagai artikel dan paper penelitian terkait dengan strategi Pendidikan kewarganegaraan global dalam mendukung kemandirian local. yang diperoleh melalui database Google Scholar . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan adalah konsep penting untuk membekali individu dengan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menghadapi tantangan global. stategi Pendidikan Kewarganegaraan Global dalam mendukung kemandirian local penting untuk mempersiapkan peserta didik menjadi warga global yang aktif dan bertanggung jawab. Untuk mengatasi tantangan implementasi Pendidikan kewarganegaraan global dalam kemandirian lokal, diperlukan strategi seperti meningkatkan kesadaran dan advokasi, memberikan pelatihan dan kapasitas, reformasi kurikulum, membuat kemitraan dan jaringan, serta memanfaatkan teknologi.
References
Banks, J. A. 2008. Diversity, Group Identity, and Citizenship Education in A Global Age. Educational Researcher, 37 (3), pp. 129-139.
Dasim Budimansyah. (2010). Tantangan globalisasi terhadap pembinaan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air di sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), pp. 8-16.
Franch, S. (2019). Global Citizenship Education Between Qualification, Socialization,and Subjectification. In A. Peterson, G. Stahl, & H. Soong (Ed.), The Palgrave Handbook of Citizenship and Education (hal. 1 15). https://doi.org/10.1007/978-3-319-67905-1_68-1
Micionis, J.I & Plummer, K. (2005). Sociologi: a global introduction, edisi ketiga. New York: Prentice Hall.
Mukhamad Murdiono. (2014. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Wawasan Global Warga Negara Muda. Cakrawala Pendidikan. 33(3), pp. 350-357 .
Murdiono. M., Sapriya, Wahab. A. A., & Maftuh. B., (2014). Membangun Wawasan Global Warga Negara Muda Berkarakter Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), pp. 148-158.
Salsabila, N., Wahyuni, F. D., & Nurgiansyah, T. H. (2023). Peran Penting Civics:Pendidikan Ilmu Kewarganegaraan di Era Masyarakat Digital. Jurnal Kewarganegaraan, 20(1), 1 12. https://doi.org/10.24114/jk.v20i1.39530 1
UNESCO. (2023). What You Need to Know about Global Citizenship Education. Diambil 4 Desember 2024, dari www.unesco.org website: https://www.unesco.org/en
Pashby, K. (2018). Identity, Belonging and Diversity in Education for Global Citizenship:Multiplying, Intersecting, Transforming, and Engaging Lived Realities. In The Palgrave Handbook of Global Citizenship and Education (hal. 277 293). https://doi.org/10.1057/978-1-137-59733-5_18
Morais, D. B., & Ogden, A. C. (2011). Initial Development and Validation of the Global Citizenship Scale. Journal of Studies in International Education, 15(5), 445 466. https://doi.org/10.1177/1028315310375308 Oxfam. (n.d.). What Is Global Capitalism? Diambil 3 Desember 2024, dariwww.oxfam.org.ukwebsite:https://www.oxfam.org.uk/education/who-weare/ what-is-global-citizenship/#:~:text=For Oxfam%2C global citizenship is,can all make a difference.
M. Zapalska, A., Wingrove-Haugland, E., LaMonica, C., & Rivero, E. (2013). Teaching Global Issues in an Undergraduate Program. Universal Journal of Educational Research, 1(1), 10 19. https://doi.org/10.13189/ujer.2013.010102
Klein, J., & Wikan, G. (2019). Teacher Education and International Practice Programmes: Reflections on Transformative Learning and Global Citizenship. Teaching and Teacher Education, 79, 93 100. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.12.003
Morais, D. B., & Ogden, A. C. (2011). Initial Development and Validation of the Global Citizenship Scale. Journal of Studies in International Education, 15(5), 445 466. https://doi.org/10.1177/1028315310375308
Qi, R., & Zou, F. (2018). Research on the Conception, Practice and Enlightenment of Global Citizenship Education. Proceedings of the 2018 2nd International Conference on Management, Education and Social Science (ICMESS 2018), 176(Icmess), 1 10. https://doi.org/10.2991/icmess-18.2018.2