INTEGRASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN GLOBAL DALAM KURIKULUM NASIONAL

Authors

  • R. Dede Siswandi Universitas Pamulang
  • Dewi Purnama Sari Universitas Pamulang
  • Rachmatullah Rusli Universitas Pamulang
  • Aulia Nursyifa Universitas Pamulang

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan Global; Kurikulum Nasional

Abstract

Kurikulum nasional belum mempunyai “blue Print” yang jelas dalam menghadapi tantangan global. Hal ini terlihat dari bergantinya kurikulum seiring dengan bergantinya para pemangku kebijakan Pendidikan nasional. Penelitian ini merupakan menggunakan analisis literatur /“literature review” dengan grounded theory yaitu metode penelitian kualitatif yang menggunakan sejumlah prosedur sistematis untuk mengembangkan suatu teori yang disusun secara induktif. Teori dasar penelitian, teknik penelitian induktif penelitian ini, menekankan observasi dan mengembangkan dasar praktik hubungan "intuitif" antar variabel. Integrasi pendidikan kewarganegaraan kedalam kurikulum pendidikan. Kurikulum pendidikan kewarganegaraan Indonesia meliputi hal-hal yang umum dan nasional, seperti komitmen para pendiri negara untuk membangun Pancasila, proses pembentukan dan pengesahan UUD 1945, norma hukum, keutuhan wilayah, keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender, serta penerapan nilai dan moral. Pemahaman dan penghormatan terhadap perspektif budaya, nasional, dan global serta menumbuhkan empati dan pemahaman terhadap tantangan global adalah contoh kewarganegaraan global. Mengintegrasikan perspektif global dalam kurikulum sekolah dapat membantu siswa mengembangkan sudut pandang, pola pikir global, pemikiran kritis, keterampilan pemecahan masalah, dan pembelajaran sosial.

 

References

Banks, J. A. 2008. “Diversity, Group Identity, and Citizenship Education in A Global Age”, dalam Educational Researcher, 37 (3), hlm. 129-139

Bourke, L., Bamber, P., dan Lyons, M. 2012. “Global Citizens: Who Are They?”, dalam Education, Citizenship and Social Justice, 7 (2), hlm. 161-174

Cogan, I. J, (1999). Developing the Civil Society: The Role of Civic Education. Bandung: CICED Dill Jefferey, S. (2012). The Moral Education of Global Citizenship. Global Sociaty. pp. 541-456. DOI: 10.1007/s12115-012-9599-8.

Gerzon, M. (2010). American Citizen, Global Citizen: How Expanding Our Identities Makes Us Safer, Stronger, Wiser, And Builds a Batter World. United State of America: Library of Congres Cataloging. Book@SpiritScoper.com

Hater. (2004). A. Brief History of Citizenship. Pp. 105-113. Word Citizenship. Edinburgh University Press

Lickona T. (2002). Education For Character: Mendidikkn untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara.

Linkalter, A. (2002). “Cosmopolitin Citizenship” pp. 317-331 in Isin, F. E and B.S. Turner. Handbook of Ctitizenship. London: SAGE Publication

Muhammad Syaifudin & Agus Satmoko. (2014). Kontribusi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Pembentukan Perilaku siswa SMA Negari 19 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan Volume 2 Nomor 2.

Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Tujuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Shahla Zahabioun, Alireza Yousefy, Mohammad H Yarmohammadian & Narges Keshtiaray. (2013). Global

Citizenship Education and Its Implications for Curriculum Goals at the Age of Globalization. International Education Studies. pp.195-206. DOI: 10.5539/ies.v6n1p195

Suemantri. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sutrisno. (2017). Implementasi pendidikan antikorupsi pada mata pelajaran PPKn berbasis project citizen di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Civics, 14 (2),pp. 166-175. DOI: 10.21831/civics.v14i2.15664

Surya Dharma. (2016). Teori Sosial dan Kewarganegaraan. Bandung: Widya Aksara Press

Sutrisno & Murdiono. (2017). Pengembangan Modul Pendidikan Anti Korupsi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 4(1), pp.55-66. OI:10.21831/hsjpi.v4i1.9789

Syarbaini, Syahrial, dkk. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian melalui PendidikanKewarganegaraa n. Jakarta : UIEU – University Press

Udin S. Winataputra. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan Refleksi Historis Epistimologi dan Rekonstruksi untuk Masa Depan. Banten: Universitas Terbuka.

Wahab, AA dan Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Waters, Malcolm. (1995). Globalization. London: Routladge

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

R. Dede Siswandi, Dewi Purnama Sari, Rachmatullah Rusli, & Aulia Nursyifa. (2024). INTEGRASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN GLOBAL DALAM KURIKULUM NASIONAL . Generasi Pancasila, 4, 51–58. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/gnp/article/view/46348