STRATEGI PEMANFAATAN KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN GLOBAL
Keywords:
Strategi, Pemanfaatan AI, Kewarganegaraan GlobalAbstract
Kecerdasan buatan atau Artificial Intellegence (AI) menjadi sebuah bukti nyata dari kecanggihan teknologi digital di era sekarang ini. Kecerdasan buatan atau Artificial Intellegence (AI) memilik i peranan yang cukup besar dalam dunia pendidikan. Pendidikan menjadi salah satu komponen penting dalam membangun peradaban bangsa dan negara. Dengan adanya kecerdasan buatan (AI) menjadi sebuah peluang dan tantangan tersendiri dalam bidang pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Kecerdasan buatan (AI) harus mampu membangun wawasan global pada peserta didik. Tujuan dari penulisan artikel ini yakni untuk memberikan pemahaman terkait implementasi kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran kewarganegaraan global, etika dalam menggunakan kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran, dan untuk mengetahui strategi yang bijak dalam memanfaatkan kecerdasan buatan (AI). Selanjutnya, metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yakni metode kualitatif yang mengacu pada studi literature. Dalam penulis an artikel ini dapat disimpulkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum memahami cara penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran dan belum diterapkannya etika dalam penggunaan kecerdasan buatan (AI). Serta, diperlukannya strategi yang tepat dalam pemanfaata n kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran.
References
Budhai, S. S., & Taddei, L. M. (2015). Teaching the 4Cs with technology: How do I use 21st century tools to teach 21st century skills?(ASCD Arias). ASCD.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinj au dari Sudut Pandang Moral. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456-463.
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial intelligence in education promises and implications for teaching and learning. Center for Curriculum Redesign.
Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153-8160.
Loh, E. (2023). ChatGPT and generative AI chatbots: challenges and opportunities for science, medicine and medical leaders. Bmj Leader, leader-2023.
Malatuny, Y. G. (2022). Literasi media: menjawab tantangan di era konvergensi media. Deepublish.
Maulana, M. J., & Darmawan, C. (2023). Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Berdasarkan Perspektif Etika Akademik. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN, 10(1), 58-66.
McCarthy, J. (2007). Dari sini ke AI tingkat manusia. Kecerdasan buatan, 171(18), 1174-1182.
Misnawati, M. (2023, April). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Vol. 2, No. 1, pp. 54-67).
Stokel-Walker, C. (2022). AI bot ChatGPT writes smart essays-should academics worry?. Nature.
Supriyadi, E. I., & Asih, D. B. (2020). Implementasi artificial intelligence (AI) di bidang administrasi publik pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Rasi, 2(2), 12-22.
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education–where are the educators?. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1-27.
Zhang, K., & Aslan, A. B. (2021). AI technologies for education: Recent research & future directions. Computers and Education: Artificial Intelligence, 2, 100025.